Iklan

September 12, 2018, 08:58 WIB
Last Updated 2018-09-12T15:58:41Z
Dinamika

Awal Oktober segera diterapkan Program BPNT sebagai pengganti dari Rastra

Jurnal Manado - Dikatakan Kepala Dinas Sosial dan PM Kota Manado Sammy Kaawoan bahwa  awal Oktober Rastra akan diganti dengan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang merupakan program nasional yang diterapkan ke tiap daerah.

Lewat program ini masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya mendapatkan kartu sejenis ATM yang akan digunakan untuk pengambilan beras atau telur di tempat pengambilan yang disebut e-warung.

“Dalam kartu ini ada saldo setiap bulannya Rp 110.000 yang dapat digunakan KPM untuk ditukarkan dengan beras atau telur. Dalam waktu dekat kita bersama bank BRI selaku pihak penyalur akan melakukan pertemuan dengan KPM juga untuk pembagian kartunya,” jelas Kaawoan.

Dikatakannya, untuk Kota Manado saat ini sudah tersedia e-warung di 24 titik se-Kota Manado. Dan yang terbanyak berada di kecamatan Singkil.
“e-warung sejatinya untuk melayani 500-1000 KPM. Tapi melihat kondisi Kota Manado saat ini, e-warung harus ditambah terutama di kecamatan yang jumlah KPM-nya banyak,” ujar Kadinsos seraya menambahkan jumlah KPM untuk Kota Manado saat ini sebanyak 14.460.(Ipeh)