Header Ads

Gumalag : Dalam Waktu Dekat DLH se - Sulut Bakal Gelar Raker JAKSTRADA

Jurnal,Manado - Dalam waktu dekat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Sulut akan melakukan rapat kerja kegiatan Kebijakan Strategis Daerah Persampahan (JAKSTRADA). Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Marly Gumalag, saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (13/09/2018).

Menurutnya, Jakstrada merupakan program turunan dari pemerintah pusat hingga ke kabupaten/kota.

"Saat ini kami masih akan melakukan sosialisasi penyusunan jakstrada ke kabupaten/kota, baru ke tingkat provinsi,"terang Gumalag. Sembari memberi contoh kabupaten/kota harus mengevaluasi berapa besar timbunan sampah yang bisa diolah kembali dan berapa besar yang tidak. Dari data tersebut baru provinsi dapat melakukan evaluasi.

Dengan demikian lanjut Gumalag, kita dapat mengevaluasi berapa banyak timbunan sampah dan kendala yang dihadapi, semisal mengapa sampah sudah dikelola tapi kota/kabupaten masih kotor?" apakah sampah tidak semua mampu ditampung di timbunan sampah atau persoalan kurangnya tenaga kerja ataukah kurangnya kendaraan pengangkut sampah.

"Kita juga dapat mengevaluasi berapa besar produksi sampah pada siang hari dan pada malam hari. Harus diakui ada perbedaan produksi sampah pada siang dan malam hari karena jumlah kunjungan," tandasnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.