Iklan

September 9, 2018, 16:02 WIB
Last Updated 2018-09-13T23:02:54Z
Manado

Manado Fiesta 2018 ,Walikota Manado ikut Tour de Manado bersama Ratusan Persepeda Meriahkan

Jurnal Manado - Dalam Rangka Memeriahkan Manado Fiesta 2018 , ratusan pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia dan Kota Manado mengikuti Tour de Manado, Sabtu (08/09) pagi. 

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dengan komunitas pecinta olahraga bersepeda Manado Clycling Mania (MCM), mengambil start dan finish di Kawasan Megamas Manado.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA saat melepas para peserta Tour de Manado mengatakan, olahraga bersepeda merupakan olahraga yang murah meriah dan ramah lingkungan. 
Selain menyehatkan tubuh, juga membantu mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan asap kendaraan bermotor. “Kota Manado telah dicanangkan sebagai Kota Bersepeda. 
Sehingga, kegiatan Tour de Manado merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat di Kota Manado untuk mencintai olahraga bersepeda.

Karena disamping sehat, juga memberikan sumbangsih udara kita menjadi bersih karena berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Walikota juga menyampaikan terima kasih kepada MCM salah satu komunitas pecinta olahraga bersepeda yang ada di Manado, yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan Tour de Manado. 
“Terima kepada komunitas sepeda MCM yang telah berinisiasi mengajak pemerintah Kota Manado untuk menyelenggarakan kegiatan ini. 

Dengan kegiatan bersepeda sambil berwisata yang ikut mendukung Manado Fiesta 2018 ini, akan memberikan motivasi bagi masyarakat untuk menjadikan olahraga bersepeda sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Kota Manado,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Sementara Ketua Komunitas Sepeda MCM Manado Royke Hendra Kalangi mengatakan Tour de Manado mempertandingkan dua jenis lomba, yakni Fun Bike dan Speed Bike.
Dimana, peserta mengitari obyek wisata yang ada di Kota Manado termasuk Gunung Tumpa hingga lokasi wisata Gunung Mahawu Tomohon, Tondano dan kembali ke Manado. “Kegiatan ini selain berwisata dan mendukung iven Manado Fiesta 2018, para peserta juga kompetisi memperebutkan hadiah,” jelas Royke. 

Setelah melepas peserta Tour de Manado, Walikota Vicky Lumentut ikut bersepeda bersama didampingi Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Drs Albert Wuysang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) James Karinda SH MH serta sejumlah kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado.(Ipeh)