Iklan

September 20, 2018, 11:05 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:38:26Z
Pemerintahan

Menghormati Jasa Pahlawan Sulut. Kartika Pimpin Ziarah di TMP Kalibata

JurnalManado - Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-54, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Kamis (20/09/2018) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, dr Kartika yang juga istri tercinta dari Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw sambil didampingi sejumlah pejabat Pemprov Sulut lainnya melakukan upacara penghormatan, mengheningkan cipta dan menabur bunga di makam Letjen (Purn) GH Mantik, Mantan Gubernur Sulut periode tahun 1980-1985.

Selanjutnya, Karo Kesra bersama rombongan melakukan ziarah ke makam Frits Johanes (FJ) Tumbelaka yang juga Gubernur Sulawesi Utara dan Tengah kedua ketika belum dimekarkan sekaligus Gubernur Sulawesi Utara pertama (periode 1962-1965).

FJ Tumbelaka pada masa hidupnya pernah menjadi Perwira Senior di Divisi Brawijaya (Sekarang Kodam V) dan berperan dalam menyelesaikan Konflik Permesta. FJ Tumbelaka juga diabadikan sebagai nama pantai di Kota Palu, Sulawesi Tengah yakni Pantai Tumbelaka.

Setelah itu, dr Kartika bersama rombongan melakukan ziarah di Makam mantan Gubernur Sulut Welly Lasut (periode 1978-1979) dan makam mantan Gubernur Sulawesi Utara dan Tengah pertama, yakni AA Baramuli (periode 1960-1962).

Untuk diketahui, rangkaian ziarah ini dilakukan untuk menghormati jasa para pendahulu yang telah berperan meletakan dasar pembangunan Provinsi Sulut.

Adapun ziarah di TMP Kalibata turut dihadiri Kepala DP3A Sulut, Mieke Pangkong, Kaban Penghubung Roy RL Saroinsong dan Evangelis Ruth Niena Mantik yang juga putri dari mantan Gubernur Sulut GH Mantik.(jm)