Header Ads

Olly Himbau Warga Sulut Jangan Buang Sampah ke Laut

Jurnal,Manado - Diingatkan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar warga sulawesi utara sama - sama menjaga pelestarian laut mengingat laut adalah masa depan generasi penerus. 

"Mari kita sama - sama lestarikan laut. Jaga kebersihan laut, jangan buang sampah ke laut," tegas Olly,  saat membuka lomba Sapu Laut Dan Bersih Sampah Pulau Bunaken Dalam Rangka HUT Provinsi Sulut Yang Ke-54, di Pantai Liang Bunaken, Jumat (7/9/2018).

Orang nomor satu di sulut ini menegaskan bahwa banyak kerugian yang akan ditanggung jika masyatakat terus membuang sampah di laut.

"Laut menjadi kotor sehingga merusak estetika laut itu sendiri. Apalagi sampah plastik hal tersebut sangat berbahaya jika sampah termakan oleh ikan dan ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia terutama oleh ibu yang sedang mengandung, dampaknya sangat membahayakan ibu terutama bayi yang dikandung. Yang lebih parah lagi dapat membunuh biota laut,"jelas Olly.

Gubernur juga mengajak kepada pemerintah Kabupaten Kota untuk terus memberikan pendidikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Jika lingkungan bersih maka akan tercipta kehidupan sehat, jika laut bersih ekosistem yang ada di laut akan terjaga dengan baik, terlebih di seputaran perairan pulau bunaken yang merupakan ikon wisata andalan Sulut dengan taman laut yang indah, sangat disayangkan jika seputaran perairan bunaken masih ditemukan sampah akan berdampak buruk yang besar hingga kehidupan ekonomi masyarakat juga,"tandasnya.

Senada dengan Gubernur, Kepala Zona Maritim Tengah Bakamla-RI Brigjen Pol Bastomy Sanap, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke laut demi kehidupan generasi berikut.

Diketahui dalam lomba sapu laut dan bersih sampah telah dibersihkan sampah dari laut dan darat seberat  1. 270 KG, oleh para peserta, bagi peserta yang membersihkan sampah terbanyak mendapatkan hadiah dari Gubernur Sulut.(man)

No comments

Powered by Blogger.