Header Ads

Manado Fiesta 2018

Tunjang Program ODSK. Dinkes Genjot Pariwisata Kesehatan

Jurnal,Manado - Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie K.R. Kalalo, M.Sc.PH bahwa saat ini dinkes sedang gencar - gencarnya mendorong program ODSK khususnya dalam bidang pariwisata. Program yang diterapkan saat ini adalah pariwisata kesehatan.
"Saat ini RS Prof Kandou telah mendapatkan akreditasi bertaraf internasional, sementara 11 RS diantaranya mendapatkan akreditasi bertaraf nasional dan dari 193 Puskesmas yang ada di Sulut 59 Puskesmas sudah terakreditasi secara nasional” ujar Kalalo saat melakukan konferensi pers di Ruang Rapat Kantor Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Kamis (06/09/3018).

Menurut Kalalo, untuk mendukung berkembangnya Pariwisata ini harus diperhatikan sarana dan prasarana yang standard dan terakreditasi.

“Upaya perbaikan kualitas lingkungan perkotaan dan kabupaten lewat penyiapan Kabupaten dan Kota Sehat dan sampai tahun 2017 ada 6 Kabupaten/ kota yang telah berpredikat kota Sehat dan untuk upaya pemantauan kwalitas kuliner akan dilihat dalam bentuk kegiatan pemberian sertifikat pemenuhan standar pengolahan makanan kepada restoran-restoran yang melayani wisatawan asing maupun lokal” beber Kalalo.

“Saat ini RS Prof Kandou telah mendapatkan akreditasi bertaraf internasional, sementara 11 RS diantaranya mendapatkan akreditasi bertaraf nasional dan dari 193 Puskesmas yang ada di Sulut 59 Puskesmas sudah terakreditasi secara nasional” ujar Kalalo.

Kalalo juga mengatakan untuk penyediaan SDM kesehatan Pemprov Sulut sudah bekerja sama dengan salah satu institute Pendidikan Kesehatan terbaik di Jepang yaitu St. Like University.

kegiatan lain adalah promosi kesehatan bagaimana menggerakkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. juga membuat kebijakan mengenai kawasan tanpa rokok.(man)

No comments

Powered by Blogger.