Header Ads

Bapelibang Kota Manado bahas Laporan antara Masterplan Rumah Susun di Kota Manado

Jurnal Manado - Pada Kamis (04/10) Bapelitbangda membahas Laporan Antara Masterplan Rumah Susun di Kota Manado bertempat di Hotel Swisbell Manado. Kegiatan Pembahasan ini dibuka oleh Staf Ahli Walikota Manado Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bpk Drs. Herry Saptono, dan didampingi oleh Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong, ST, MSi.

Yang melatarbelakangi Masterplan Rumah Susun ini yaitu karena pertambahan penduduk di Kota Manado yang menyebabkan kebutuhan hunian meningkat, sedangkan lahan untuk permukiman terbatas. Sehingga diadakan kegiatan ini yang bertujuan untuk menyediakan acuan pembangunan dan pengembangan hunian vertical Kota Manado yang berisi arah pengembangan, tujuan, kebijakan dan strategi serta rumusan program terkait perwujudan hunian vertical di Kota Manado.

Pada kesempatan ini, tim Konsultan memaparkan kajian kebutuhan Rumah Susun di Kota Manado. Selain Rusun, akan disediakan juga fasilitas-fasilitas umum dan sosial. Sehingga dampak positif dari pembangunan rusun membuat penggunaan lahan lebih efektif, masyarakat dari berbagai kalangan memiliki kesempatan mendapat hunian dekat pusat kegiatan, tersedianya RTH dan lahan penyerapan air.

Kegiatan Pembahasan ini dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait, bukan hanya Pemerintah Kota Manado tetapi juga dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Diharapkan agar dikaji juga untuk dasar hukum atau kerangka regulasi yang mendukung atau mendorong Pembangunan Rumah Susun di Kota Manado, sehingga nantinya masyarakat tertarik dan lebih memilih tinggal di Rusun.(Ipeh)
Powered by Blogger.