Header Ads

Warga Soroti Pengelolaan Sampah

Jurnal, Ratahan -Tempat pembuangan Sampah yang ada di kabupaten minahasa tenggara (Mitra) kembali mendapat sorotan dari masyarakat yang di sekitar lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sampah sampah yang diangkat oleh petugas kebersihan dari masyarakat yang dibuang langsung ke TPA yang menimbulkan banyak sarang lalat.

Masyarakat yang di sekitar lokasi TPA menyoroti keberadaan sampah yang berserahkan dan sudah tidak tertata dengan baik mengakibatkan banyaknya lalat disekitar perkebunan warga.

"Dinas terkait harus bertanggung jawab terhadap banyaknya lalat disekitar perkebunan warga,"Ujar Max Tulandi salah warga yang mempunyai perkebunan di sekitar lokasi TPA.

Lebih lanjut Tulandi menjelaskan semua perkebunan yang ada disekitar TPA banyak sekali lalat yang bertebangan.

"Kami sangat menyayangkan pihak dinas lingkungan hidup kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang tidak peduli terhadap pengeluhan warga yang ada di sekitar lokasi TPA," katanya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan hidup kabupaten Minahasa Tenggara Dr Tommy Soeleman ketika dikonfirmasi oleh Harian Reportase mengarahkan kepada kepala bidang persampahan.

"Berhubungan langsung saja dengan kepala Bidang persampahan," cetusnya.

Sementara itu kepala Bidang persampahan Deddy Siwi menjelaskan anggaran untuk penimbunan dan operasional di bidang persampahan,terhitung mulai bulan April tahun 2018 ini sudah di ambil alih oleh pihak sekretariat dinas.

"Semua biaya operasional dibidang persampahan diambil alih oleh sekretariat dinas," ujar Siwi.

Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten minahasa tenggara Robby Ngongoloy ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan kepada pihak dinas lingkungan hidup untuk membenahi TPA.

"Kalau tidak mampu untuk mengatasi persoalan Sampah ini lebih baik mundur saja dari jabatan sebagai kepala dinas,"Tegas Ngongoloy. (hak)

No comments

Powered by Blogger.