Iklan

November 24, 2018, 03:06 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:22:06Z
Politik

AA Suport Bangun Konektivitas Kinabalu - Manado, Guberdi Sabah, Malaysia

Jurnal,Manado - Dalam memacu peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata terus digagas Pemerintah Provinsi Sulut (Pemprov). Hal ini dibuktikan dengan strategi membangun konektivitas antara kota dan negara  yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. Gebrakan ini di dukung Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw saat mengunjungi Kota Kinabalu Sabah Malaysia. 
"Sebagai mitra dewan selalu mengsuport sekaligus mendukung upaya yang dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Apalagi gubernur telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Menteri Pariwisata Negara Bagian Sabah Malaysia, YB Datuk Christina Liew di Sabah, Jumat (23/11/2019) pagi,"tegas politisi PDIP Sulut kepada JurnalManado.com.

Menurut AA pertemuan ini memiliki nilai yang penting dan strategis. Substansi kerjasama antara Kinabalu dan Manado untuk membangunan konektivitas transportasi udara, merupakan peluang dan potensi bagi semakin berkembangnya sektor dan industri pariwisata di Sulawesi Utara. 

Lebih lanjut kata AA, saat ini Kota Kinabalu adalah kota penting dan merupakan tujuan wisata utama dan pintu masuk yang populer bagi wisatawan dunia yang mengunjungi Sabah Malaysia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik bagi wisatawan, dan menjadi salah satu pusat industri dan pusat perbelanjaan di wilayah Malaysia Timur. Kedua faktor ini membuat Kota Kinabalu menjadi salah satu kota yang paling cepat berkembang di Malaysia. Oleh karena itu, dengan terbukanya kerjasama penerbangan Kinabalu - Manado, akan membuka kesempatan berkembangnya pergerakan turis dunia yang menuju Manado melalui Kota Kinabalu. Setelah wisatawan mancanegara datang ke Kinabalu, diharapkan mereka melanjutkan penerbangan ke Manado. 

"Rencananya dimulai awal 2019, yang didukung dan dibackup sepenuhnya oleh Owner Grup Lion, Rusdi Kirana, yang juga Duta Besar Indonesia untuk Malaysia," kata AA.

Untuk itu lanjut AA, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sulut diharapkan dapat terus menerus mengembangkan strategi kebijakan kepariwisataan antara lain melalui pengembangan akses/konektivitas menuju area destinasi wisata, penataan destinasi berkelas dunia, penyiapan atraksi-atraksi yang unik, berkualitas dan profesional, paket promosi yang menarik dan berdaya saing, peningkatan kualitas SDM dan usaha pariwisata. 
"Dengan majunya sektor pariwisata akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulut,"Angouw.(tino)