Iklan

November 22, 2018, 19:29 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:38:26Z
Pemerintahan

Baru Seminggu Berjalan ULA - ODSK Semakin Hebat

Jurnal,Manado - Setelah diterapkan selama seminggu Unit Layanan Administrasi (ULA) Olah Dokumen Sesuai Ketentuan (ODSK), banyak kemudahan yang didapat baik pengguna layanan maupun para pengelola ULA - ODSK.

"Untuk para pengelola ULA, antara lain kemudahan dalam bekerja, dikarenakan beberapa uraian tugas yang selama ini dilaksanakan cenderung berulang-ulang, bahkan harus dilakukan oleh beberapa orang, saat ini dapat dilaksanakan dengan mudah, efektif dan efisien," terang Kepala Biro Umum Clay Dondokambey. Sembari mencontohkan yang paling mendasar, yakni pengagendaan surat. Jika sebelum launching atau sebelum adanya layanan administrasi terintegrasi secara online yang didukung oleh aplikasi e-office ULA harus dilaksanakan secara manual dan berulang kali disetiap jenjang Tata Usaha (ULA, Keasistenan, Sekprov, Wakil Gubernur, dan Gubernur), kini semakin mudah, karena hanya diberlakukan satu kali penggagendaan dalam system aplikasi.

Selain itu kata Karo, kemudahan dalam memonitor pergerakan berkas juga semakin mudah, jika dahulu dilaksanakan secara manual, dimana staf pengelola harus turun langsung mengecek posisi berkas, sehingga memakan waktu yang cukup lama. Saat ini, hanya perlu mengecek posisi berkas melalui system aplikasi.

Demikian yang dirasakan para pengguna layanan ULA jelas Karo, mereka juga turut mengungkapkan tingkat kepuasan yang tinggi atas layanan yang diberikan oleh Unit Layanan Administrasi. Beberapa indicator kepuasan yang disampaikan, antara lain: keramahan petugas, pelayanan oleh petugas yang semakin cepat, fungsi Aplikasi ULA-ODSK yang dapat didownload melalui _Google Play Store_ melalui  smartphone yang sangat memudahkan, serta semakin cepatnya proses berkas yang diajukan.   

Secara garis besar tingkat kepuasan pemohon ini dapat digambarkan lewat aplikasi kepuasan layanan ULA, dimana dari 121 orang pengguna layanan yang telah memberikan penilaian, 77% diantaranya memberikan penilaian Sangat Baik, sedangkan 23% memberikan penilaian Baik, dan belum ada yang memberikan penilaian buruk.

"Kami juga menyiapkan kotak saran/kritik dilengkapi formulir untuk di isi. Harapan kami Bapak/Ibu Kepala Perangkat Daerah, ASN dan THL bahkan masyarakat umum dapat memberikan suport dan dukungan bahkan kritik guna perbaikan dan penyempurnaan Layanan Administrasi yang telah Teritegrasi Secara Online melalui ULA - ODSK," pungkasnya.(man)