Header Ads

Bahagia Ingatkan Bahwa Keluarga Memiliki Peran Penting Dalam Membangun Bangsa

Kadis Bahagia Mokoagow Saat Memberikan Sambutan
Jurnal,Manado - Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan KB Bahagia Mokoagow mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan KB se - Sulut bahwa sebagai aparatur negara bagaimana mengabdikan diri kepada masyarakat dengan penuh tanggubgjawab dan disiplin yang tinggi.

"Sekarang ini tugas kita bukan untuk dilayani tapi bagaimana melayani masyarakat dengan penuh tanggungjawab dan berkualitas. Tugas kita di Dukcapil dan KB adalah pelayanan kepada masyarakat," kata Bahagia saat membuka kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Peran Keluarga Sejahtera yang dilaksanakan oleh Bidang Keluarga Sejahtera, di Hotel Lagoon, sejak Rabu (28/11/2018) hingga Jumat (30/11/2018). Sembari mengingatkan agar stop slogan "Kalau bisa ditunda besok kenapa selesaikan hari ini".

Kita harus tanamkan bahwa kalau bisa diselesaikan pekerjaan hari ini kenapa harus ditunda besok, tegas Mokoagow.

Bahagia mengatakan, program yang ada di dinas dukcapil harus mendorong program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), apalagi program keluarga sejahtera. Karena keluarga memiliki peranan penting dalam membangun bangsa yang semakin kuat, mandiri dan tangguh. Oleh karena itu keutuhan keluarga harus terjaga dengan baik.

Mantapkan usaha kita untuk mengedukasi masyarakat bahwa lebih baik membangun keluarga yang berkualitas daripada kuantitas.

"Ketahanan bangsa itu adalah keluarga. Peranan penting dalam membangun bangsa yaitu Sumber Daya Manusia (SDM). Bagaimana menciptakan SDM yang handal yaitu dimulai dari keluarga," jelas Bahagia. Sembari menyebutkan delapan fungsi keluarga yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkingan.


"Orangtua harus mampu menjadikan dirinya sebagai panutan di hadapan anak-anaknya. Tanggung jawab ini akan terpenuhi ketika orangtua memahami 8 fungsi keluarga agar mudah untuk menanamkan nilai-nilai moral terhadap anak. Orangtua punya pengaruh besar dalam kehidupan anak-anaknya. Itulah sebabnya orangtua berperan penting dalam keluarga, yang sebenarnya merupakan wahana pembelajaran dan pembiasaan karakter bagi tiap anggotanya,"jelasnya.

Untuk itu, peran dukcapil khususnya bidang keluarga sejahtera mampu meberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana pentingnya peran keluarga dalambanhun bangsa.

Hadir dalam kegiatan, perwakilan dukcapil se - sulut.(man)

No comments

Powered by Blogger.