Header Ads

Wakili Gubernur. Sekprov Ingatkan Koordinasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Diefektifkan


Jurnal,Manado - Koordinasi penyelenggaraan pemerintahan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus senantiasa diefektifkan serta dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE, dalam sambutan yang diwakili Sekprov Edwin Silangen SE, MS, pada rapat koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Manado, Jumat (30/11/2018) siang.

Silangen menerangkan, penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah harus sejalan dengan program dan kebijakan nasional. Disamping itu, Pemprov Sulut dan Kabupaten/Kota juga harus meningkatkan kapasitas kerja karena dinamika dan tuntutan globlisasi yang semakin kompetitif.

Lanjut Silangen, kegiatan rapat koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah ini penting untuk diikuti seluruh peserta karena tujuan utamanya yang difokuskan untuk meningkatkan sinergitas pengawasan fungsional antar APIP (Aparat Pemeriksa Intern Pemerintah).

Lebih lanjut, Silangen menjelaskan bahwa Rakor pengawasan penyelenggaraan pemerintahan juga mampu meningkatkan kualitas pengawasan internal dilingkungan pemerintah daerah Sulawesi Utara, menyatukan persepsi antara inspektorat daerah provinsi dan inspektorat daerah kabupaten/kota, serta memantapkan program kerja pengawasan tahun 2018 dan mempersiapkan penyusunan program kerja pengawasan tahunan untuk tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Irjen Kemendagri Sri Wahyuningsih dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran seluruh inspektur di Provinsi Sulut untuk mengikuti kegiatan strategis ini.

Menurut Irjen Kemendagri, esensi dari rakor ini adalah harus adanya integrasi bagi penyelenggaraan pemerintah daerah, koordinasi harus senantiasa menjadi komitmen kita bersama," kata Irjen Kemendagri.

Agenda tersebut turut dihadiri Inspektur II Itjen Kemendagri Sugeng Hariyono, Inspektur Daerah Prov. Sulut Praseno Hadi.(*jm)

No comments

Powered by Blogger.