Header Ads

Hadiah Natal, Jalan Tol Manado - Bitung Dibuka

Jurnal,Minut – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan, mulai pekan ini, masyarakat Sulut akan menikmati jalur Jalan Tol Manado – Bitung, dimana ujicoba penggunaannya dilaksanakan pada 24 Desember (H-1 Natal) hingga 31 Desember 2018.

“Menyambut Natal  dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Manado – Bitung mulai kita ujicoba dan dibuka untuk satu arah secara fungsional. Ini lebih mempermudah akses masyarakat yang bepergian dari Manado ke Bitung atau sebaliknya,” tandas Orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulut ini saat memantau progres pembangunan Jalan Tol mulai dari titik Airmadidi – Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, Minggu (23/12/2018).

Menurut Gubernur Dondokambey, ujicoba pembukaan jalur ini akan dimulai pada Senin (24/12/2018) pukul 11.00 wita pada titik masuk Jalan Nasional Airmadidi hingga keluar pada titik jalan Tanjung Merah Watudambo, Kota Bitung. Pembukaan titik jalur ini berlangsung mulai tanggal 24 – 31 Desember 2018 dengan satu arah. Demikian halnya untuk jalur sebaliknya (Tanjung Merah ke Airmadidi) akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 5 Januari 2019. Waktu penggunaan jalur Tol ini mulai pukul 07.00 – 17.00 wita.

Pembukaan fungsional jalur Jalan Tol ini, tambah Gubernur merupakan bagian dari upaya memudahkan masyarakat pengguna jasa transportasi untuk memperpendek waktu tempuh dari Manado – Bitung atau sebaliknya dalam 45 – 60 menit, dibanding menggunakan jalan arteri atau non Tol.

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung ditargetkan penyelesaiannya pada Maret 2019, dan segera dilaunching Presiden Joko Widodo,” ucap Gubernur Sulut yang didampingi Sekprov Edwin Silangen SE MS, Kepala BPJN XV Wilayah Sulut dan Gorontalo, Kadis PUPR Provinsi Sulut Steve Kepel, pihak Jasa Marga, Waskita dan sejumlah pelaksana proyek jalan Nasional ini.

Adapun Jalan Tol Pertama di Sulut ini jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A yang tebentang dari Airmadidi hingga Danowudu (Seksi 1B dan 2A) sepanjang 14,5 kilometer. Jalan tol ini dikelola oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Manado Bitung.(tim)

Powered by Blogger.