Header Ads

Kaban Liny paparkan Presentasi "Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Big Data Kota Manado"

Jurnal Manado - Pada Kamis (04/10/2018) mewakili Walikota Manado, Kaban Liny memaparkan Presentasi dengan judul "Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Big Data Kota Manado", pada acara Kongres dan Pertemuan Ikatan Geografi Indonesia (IGI) yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Manado. Acara Kongres dan Pertemuan Ikatan Geografi Indonesia (IGI) ini menghadirkan Ketua BIG, beserta dengan ahli-ahli Geograf lainnya.

Pada kesempatan ini, Kaban Liny menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Manado sudah dan sedang memanfaatkan Sistem Informasi Geografis dalam pemetaan by name by address di Kota Manado. Sistem Pengumpulan Profil Kelurahan dimulai dari pengumpulan data di lingkungan hingga kecamatan se- Kota Manado. Para Kepala Lingkungan pun sudah di latih untuk membaca peta dan menaruh data serta informasi diatasnya, tentu saja melalui bimtek dan pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh Big Data Kota Manado.

Salah satu produk yang dihasilkan oleh studio Big Data adalah Panada (Portal Analisis Data Berbasis Peta), yang merupakan hasil kerja sama antara Kepala Lingkungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pinttu serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Portal ini memberikan informasi mengenai status kependudukan, pajak dan perizinan dalam sekali klik bidang hasil digitasi.

Kaban Liny juga menjelaskan bahwa Studio Big Data Kota Manado juga merupakan tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan kerja magang ataupun KKN. Disitu kami menerima mahasiswa yang berbasis IT serta GIS. (Ipeh)
Powered by Blogger.