Header Ads

Kota Manado Raih Dua Penghargaan Bhundala Award

Jurnal Manado - Upaya kerja keras selama tiga tahun membangun pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota, Mor Dominus Bastiaan, memasuki babak baru, yaitu Integrasi antar perangkat daerah atau simpul jaringan. Sekat antar perangkat daerah yang kental dengan ego sektoral, perlahan mulai bisa diatasi.

Antar perangkat daerah terkait mulai menyatukan visi dan gerak langkah dalam melaksanakan program dan kegiatannya, terutama yang berbasis TIK .
Salah satu tools atau alat yang secara sistemik digunakan adalah pengembangan Simpul Jaringan (SJ).
SJ Pemkot Manado sendiri tergolong baru karena dikembangkan sejak pertengahan 2016 di Kominfo melalui aplikasi Sistem Informasi Gabungan Aplikasi Perangkat Daerah (SiGita) yang kemudian dikembangkan menjadi Dikomando pada tahun 2017 dan pada pertengahan tahun 2018 menjadi Panada (Portal Analisis Berbasis Peta).

Inovasi Panada Pemkot Manado, ternyata menjadi salah satu daya tarik bagi para asesor dan tim juri kompetisi pemanfaatan informasi geospasial, sehingga Bhumandala Kanaka dan Bhumandala Caraka, dua penghargaan bergengsi dari Badan Informasi Geospasial, dipastikan diraih oleh Kota Manado di penghujung 2018.
Dalam rilis resminya melalui surat bernomor B-28. 39/KA-BIG/IIG/02.02/11/2018, tertanggal 28 November, Kota Manado dinilai telah berhasil membangun SJ dengan baik, aktif, dan operasional.
"lnformasi Geospasial (lG) skala besar yang dibangun Kota Manado, sudah mengikuti sistem referensi geospasial nasional dan telah melibatkan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan pertukaran data yang berjalan dengan lancar dan terbuka.

Data yang digunakan bersama antar OPD terbukti meningkatkan efisiensi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pemantauan pembangunan, salah satu contohnya adalah pemanfaatan peta bidang tanah untuk kepentingan tata ruang serta pajak bumi dan bangunan.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat jumlahnya memadai dan memiliki kompetensi yang tepat. SDM yang dilibatkan bahkan berasal dari seluruh Rukun Warga di Kota Manado. SJ Kota Manado juga didukung dengan teknologi yang canggih dan dikelola dengan baik.

Satu hal yang menarik adalah arahan dari pimpinan Kota Manado telah mampu memotivasi dan menginspirasi OPD untuk menyelenggarakan lG dengan baik, Anggaran dan fasilitas yang masih terbatas, justru membuat Kota Manado sangat kreatif dalam membangun SJ yang handal," ujar Kepala BIG, Hasanudin Z. Abidin yang mengundang langsung Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut untuk menerima Bhumandala Award pada Kamis 06/12/2018 di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta.

Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong yang menjadi salah satu kreator lahirnya inovasi Panada dan Simpul Jaringan mengapresiasi penilaian BIG. "Penghargaan ini tentu tidak lepas dari motivasi dan dukungan Pak Wali dan Pak Wawali. Kami surprise, karena Panada dan SJ dibangun justru dalam berbagai keterbatasan.

Malah keterbatasan itulah yang memicu kami untuk kreatif. Saya dan tim masih punya pekerjaan yang penuh tantangan ke depan. Inovasi Panada kami targetkan akan menjalankan otomatisasi sistem minimal pada 3-5 perangkat daerah yang akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan daerah serta layanan publik.

Paling tidak dengan dua penghargaan sekaligus yang akan diterima besok di Jakarta, akan terus menjadi motivasi bagi saya dan tim untuk mendukung terwujudnya Manado Cerdas 2021," ujar Dr. Liny.(Ipeh)
Powered by Blogger.