Iklan

December 15, 2018, 06:09 WIB
Last Updated 2018-12-15T14:09:04Z
Utama

MCS Gelar Kegiatan Netizens "Tolak Hoax " , Dukung Pemilu 2019 Aman , Damai & Sejuk

Jurnal Manado - Komunitas Manguni Cyber Sulut (MCS) memprakarsai kegiatan Petisi Netizens Sulut "Tolak Hoax" Mendukung Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sukses, Jum'at (14/12/2018), malam, di Orchid Room Fourpoints By Sheraton Manado.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasatgas Nusantara Polri, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Karyoto beserta Pejabat Utama Polda Sulut, Pembina MCS, Kombes Pol Pitra Ratulangi, para netizen, Ormas dan LSM.

Kasatgas Nusantara mengapresiasi kegiatan ini. "Pasalnya, menjelang Pemilu ini ada potensi-potensi kerawanan, salah satunya adalah penggunaan media sosial di dalam berkampanye," ujarnya.

Terlebih, lanjut Kasatgas Nusantara, kalau melakukan black campaign dengan menggunakan berita-berita hoax, ujaran kebencian atau mengangkat isu-isu SARA. "Oleh karena itu, kita bersama netizens di Sulut berupaya untuk meminimalisir hal tersebut," ajaknya.

Menurut Kasatgas Nusantara, ada beberapa cara untuk meminimalisir. "Di antaranya, mengajak masyarakat untuk berinternet positif dalam menggunakan media sosial, serta mencermati berita dengan baik sebelum membagikannya atau 'saring sebelum sharing'," pungkasnya.

Menjelang akhir kegiatan, seluruh peserta membubuhkan tandatangan di atas spanduk, sebagai wujud untuk memerangi hoax dan mendukung Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.(Ipeh)