Header Ads

Gumalag Dorong Kabupaten/Kota Pertahankan dan Raih ADIPURA

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Marly Gumalag

JurnalManado - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Marly Gumalag mengatakan, pemerintah kabupaten dan kota harus berbenah untuk dapat mempertahankan serta meraih Adipura.

Gumalag menyebut, tim penilai dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) akan melakukan penilaian yang waktunya tidak dapat diprediksi.

“Untuk itu, kabupaten/kota harus berbenah soal kebersihan. Ini sangat penting, karena bukan cuma sasarannya Adipura, tetapi manfaat pentingnya juga dapat menciptakan kenyamanan bagi masyarakat,” ungkap Gumalag, Kamis (24/1/2019).
Foto bersama Sekdaprov Sulut bersama jajaran DLH Sulut yang dipimpin Ir Marly Gumalag

Dia menuturkan, daerah yang tidak meraih Adipura bukan berarti daerah tersebut tergolong kotor pada umumnya. Tetapi memang, dari kementrian ada penilaian tertentu terkait objek-objek tertentu, baik fisik dan non fisik (administrasi).

“Kita akan mensupport penuh kabupaten/kota terkait persyaratan-persyaratan dalam penilaian Adipura. Misalkan soal Jastrada atau kebijakan strategis daerah terkait sampah rumah tangga dan sejenisnya. Intinya, Pemprov Sulut siap membantu, karena wilayah atau daerah yang bersih akan menjadi kebanggaan bersama,” terangnya.(snd/jm)

Powered by Blogger.