Header Ads

Kota Tomohon Terima Bantuan Aset Pilot Plant Binary Cycle 500Kw

Walikota Saat Berbincang - bincang Dengan Menteri dan Rombongan
Jurnal Tomohon - Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menghadiri Serah Terima Aset Pilot Plant Binary Cycle 500Kw yakni dari Helmholtz Centre Post dan German Research Centre for Geosciences (GFZ) ke BPPT (Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi), bertempat di Lapangan Panas Bumi Lahendong Klaster  LHD 5, Senin (21/01).

Usai sertijab Walikota mengatakan, cadangan energi yang ada di Sulawesi Utara khususnya Kota Tomohon dapat dikelola dengan baik sehingga digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan & kepentingan rakyat sesuai dengan amanat undang-undang. Tomohon sebagai penghasil energi terbarukan di Sulut yaitu Panas Bumi. 
"Ini merupakan kebanggaan kita bersama. Potensi Tomohon mendapatkan perhatian khusus dari BPPT, PLN & PT Pertamina Geothermal dalam berbagai segi untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," kara Eman.

Sementara itu Menristekdikti RI Prof Mohamad Nasir PhD Ak ditempat yang sama menjelaskan bahwa Indonesia memiliki cadangan 40% total panas bumi dari keseluruhan yang ada di dunia dan berada pada ranking ke-3. 
"PLTP Binary Cycle Lahendong telah melaksanakan komisioning & sinkronisasi dengan jaringan PLN,serta menunjukkan kinerja yang baik sebagai syarat operasi dan mendapatkan sertifikat layak operasi dari PLN.- proyek ini dirilis melalui MoU antara German Federal Minister of Education and Research dan Kemenrisdikti,"jelasnya.
Tampak hadir Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan, Kepala BPPT Wimpie Agung Nugroho Aspar PhD, Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti DR Jumain Appe, Deputi Tiem BPPT Prof DR Eniya Listiani Dewi, Rektor UNSRAT Prof DR Ir Ellen Kumat MSc DEA, Rektor UNIMA Prof DR J P A Runtuwene MSi.(winston)
Powered by Blogger.