Iklan

January 15, 2019, 17:16 WIB
Last Updated 2019-01-22T01:17:30Z
Advetorial

Pacu Pembangunan Sulut. Gubernur Bertemu Menteri Basuki

Gubernur Saat Menemui Menteri PUPR
Jurnal,Manado - Pembangunan infrastruktur yang sudah nampak di Sulawesi Utara membuat kebanggaan tersendiri bagi masyarakatnya. Gubernur Olly Dondokambey, SE terus menggesa pembangunan di berbagai bidang untuk kemajuan Bumi Nyiur Melambai.

Untuk itu, Gubernur Olly bertemu dengan 
bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Selasa (15/1/2019) siang.

Membahas Sejumlah Progres Proyek di Sulut
Fokus dari agenda itu adalah untuk membahas progres pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di Sulut.

Menurut Olly, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dan rumah susun di Kota Tomohon dan Universitas Sam Ratulangi bakal diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Maret 2019.

Selain itu, pada pertemuan yang berlangsung penuh keakraban ini, Olly bersama Menteri Basuki membahas rencana percepatan pembangunan Jalan Ring Road 3 Winangun-Kalasey, Jalan akses Bandara Sam Ratulangi- Likupang untuk menunjang kawasan pariwisata Likupang, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Ilo Ilo Wori di Kabupaten Minahasa Utara. Selain itu, turut dibahas juga fungsi Danau Tondano sebagai reservoir alam untuk Wilayah Minahasa dan Manado, pusat pembangkit listrik (PLTA), penyedia air minum dan pembersihan eceng gondok.

Dengan demikian, peluang investasi baru akan terbuka dan pembangunan infrastruktur bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulut.

Terlihat Akrab : Gubernur dan Menteri Berbincang Santai di Ruang Kerja Menteri
Terbukti, di tahun 2018, Pemprov Sulut mampu mengukir berbagai capaian pembangunan, antara lain : Pertumbuhan Ekonomi pada Triwulan ke-III berada pada angka 5,66 persen. Lebih tinggi dari capaian nasional 5,17 persen.

Selain itu, angka kemiskinan dapat ditekan dan berada pada posisi 7,59 persen dari sebelumnya 8,98 persen, angka pengangguran juga mampu ditekan hingga 6,86 persen, dari sebelumnya 7,18 persen pada tahun 2017.  

Begitu juga di sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisawatan mancanegara selang bulan Januari hingga Desember 2018 telah melampaui angka 110.000 sedangkan untuk wisatawan domestik mencapai 2,6 juta.

Karenanya, untuk meningkatkan terus kemajuan pembangunan ini, orang nomor satu di bumi nyiur melambai itu mengajak semua pihak untuk selalu mendukung pelaksanaan program pembangunan Sulut pada tahun 2019 ini.

Adapun pertemuan ini turut dihadiri Kepala Dinas PUPR Sulut Steve Kepel dan jajaran kementerian PUPR.(adv)