Header Ads

Waspada Cuaca Ekstrim , Dinas BPBD adakan program Kelurahan Tangguh Bencana

Jurnal Manado - Cuaca Ekstrim saat ini , Kota Manado termasuk kota yang rawan terjadi bencana. Selain pencegahan dan penanganan saat terjadi bencana, Pemerintah Kota Manado juga berupaya membentuk masyarakat yang mampu mengambil tindakan tepat saat terjadi bencana.

Upaya ini dilakukan lewat program Kelurahan Tangguh Bencana oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado.

Menurut Kepala BPBD Kota Manado, Maximilian Tatahede melalui sekretaris BPBD, Peter Eman,  program ini memberikan edukasi, sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat.
“Lewat program ini kita beri sosialisasi dan pelatihan untuk masyarakat tentang bagaimana mengambil tindakan awal saat terjadi bencana atau mengambil langkah antisipatif,” ucap Eman.

Lebih  jauh katanya Program ini sudah mulai dilakukan sejak 2018 silam. Dan sejauh ini sudah 4 kelurahan tangguh bencana. Dirinya mengatakan kelurahan yang rawan menjadi prioritas untuk dilaksanakan kegiatan ini. 

Namun diupayakan agar bisa dilakukan di tiap kelurahan.
“Program tangguh bencana setiap tahun diagendakan. Memang tidak bisa langsung semua kelurahan tapi bertahap,” pungkasnya.(Ipeh)
Powered by Blogger.