Header Ads

Ketua PKK Sulut Pimpin Rombongan Kunjungi Desa Bokoharjo Yogyakarta

Jurnal,Manado - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sulawesi Utara yang dipimpin Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan melakukan kunjungan lapangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ke Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Jumat (22/2/2019) siang.

Desa Bokoharjo dipilih menjadi lokasi kunjungan karena merupakan Desa terbaik UP2K PKK di Yogyakarta. Di sana, Ibu Rita bersama rombongan melihat hasil UP2K PKK yang terdiri dari produk kuliner, kerajinan dan jasa.

Untuk diketahui, UP2K PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri atau suami dan anaknya, atau ayah dan anaknya. Usaha ekonomi merupakan strategi laternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemapuan dan keahlian warga desa/kader dan anggota rumah tangga. Khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha.

Pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga karena masing- masing anggota memberikan sumbangan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Sebelumnya, pelatihan peningkatan kapasitas kader dalam bidang UP2K yang digelar di Balai PMD Yogyakarta dibuka oleh Ketua TP PKK Sulut. Selain itu materi mengenai UP2K PKK disampaikan oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kementerian Dalam Negeri RI Budi Antoro dan Kepala Balai PMD Yogyakarta Sigit Widijatmoko.

Kunjungan lapangan turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, para pengurus TP PKK dan peserta pelatihan peningkatan kapasitas kader dalam bidang UP2K PKK.(***)
Powered by Blogger.