Header Ads

Kumpul Bersama Pemulung, GSVL Katakan TPA Akan Dirubah Menjadi Hutan Kota

Jurnal,Manado - Warga manado yang kesehariannya mengumpulkan barang-barang bekas (Pemulung) di seputaran lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sumompo, menyambut hangat kehadiran Walikota Manado G.S Vicky Lumentut untuk bertatap muka dengan mereka, Jumat (15/03/2019).

Selain menerima aspirasi para pemulung di lokasi TPA Sumompo. Walikota Vicky Lumentut menyampaikan program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kedepan. Dimana, dalam rangka penataan kota, TPA Sumompo akan ditutup perlahan-lahan dan akan dialihfungsikan menjadi hutan kota.

“ Karena TPA Sumompo saat ini sudah tidak memadai lagi untuk menampung sampah, maka akan ditutup perlahan-lahan. Dan untuk lokasi pembuangan sampah nantinya akan  dipindahkan ke TPA Regional, yang lokasinya bertempat di Kabupaten Minahasa Utara. Selanjutnya tempat ini (TPA) akan dialihfungsikan menjadi hutan kota, sehingga boleh terlihat indah dan sedap dipandangan mata,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Lanjut Walikota Vicky Lumentut, di sekitar wilayah TPA Sumompo itu juga akan dibangun Terminal dan Pasar, dilengkapi dengan fasilitas public penunjang seperti klinik kesehatan, tempat ibadah, sabuah Lansia (Lanjut Usia), serta ruang belajar bagi anak-anak yang orang tuanya berjualan di pasar yang akan dibangun nanti.

“ Terminal dan pasar serta fasilitas lainnya seperti sarana kesehatan,tempat ibadah, sabuah untuk warga Lanjut Usia serta sekolah, akan dibangun juga di seputar lokasi TPA ini,”tandas Walikota Vicky Lumentut.

Ditambahkan Walikota Vicky Lumentut, bagi para Pemulung atau warga manado yang kesehariannya mengumpulkan barang-barang bekas, di seputaran TPA Sumompo untuk dijual kembali.

Agar tidak perlu kwatir ketika TPA Sumompo akan ditutup, karena Pemkot Manado akan membekali mereka dengan berbagai ketrampilan kerja, dengan melakukan berbagai pelatihan untuk bekal mereka beralih profesi.
Kami akan memberikan pelatihan serta ketrampilan kerja untuk melatih agar bisa mandiri, sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Bagi yang akan berjualan di pasar juga, bakal difasilitasi untuk pembiayaan pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan dijamin oleh Pemkot Manado,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

Ikut mendampingi Walikota Vicky Lumentut saat melakukan tatap muka bersama para Pekerja yang kesehariannya mengumpulkan barang bekas, diseputaran TPA Sumompo, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sonny Rompas, Kepala Dinas Tenaga Kerja Manado Donald Supit, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Warokka serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Kota Manado Sonny Takumansang.(ipeh)

No comments

Powered by Blogger.