Header Ads

Ramdhani Terima Penghargaan Teropong Parlemen Award 2019

"Ini Untuk Warga Indonesia Timur Khususnya Sulawesi Utara"

Jurnal,Jakarta - Rekam jejak Benny Rhamdani semakin diakui di tingkat nasional. Karena vokal dalam membela kepentingan rakyat, sehingga Anggota DPD RI ini menerima penghargaan Teropong Parlemen Award 2019 untuk kategori Anggota Parlemen Aspiratif. 
Tak heran, Benny Rhamdani mempersembahkan penghargaan fenomenal tersebut untuk masyarakat Indonesia Timur khususnya Sulawesi Utara.
Terbilang hebat, karena penghargaan yang diberikan dalam acara Anugerah Teropong Parlemen Award 2019, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (7/3/2019) lalu, hanya 2 Senator yang menerimanya, satu diantaranya Benny Rhamdani yang dinilai memenuhi indikator penilaian kategori Anggota Parlemen Aspiratif.
Diantaranya kemampuan vokal membela kepentingan rakyat, melibatkan rakyat untuk berpartisipasi, kemampuan melihat kondisi masyarakat, serta kemampuan memberikan solusi konkrit. Selain itu, Rhamdani memenuhi indikator berikutnya yakni berani menyampaikan pendapat.
Teropong Parlemen Award 2019 didedikasikan buat warga masyarakat Bolaang Mongondow Raya, Sulawesi Utara, yang sangat dikenal dan mengenal dirinya. 
Tak lupa, dia juga mempersembahkan penghargaan yang diterima kepada masyarakat Indonesia Timur. Di mata Benny, selama ini Indonesia Timur menjadi korban ketimpangan pembangunan antara kawasan barat dan timur. 
Tak hanya itu, senator yang kerap mengkritisi kebijakan tidak pro rakyat ini juga mempersembahkan penghargaan Teropong Parlemen Award 2019 kepada para petani miskin. 
"Mereka adalah orang-orang miskin yang membutuhkan tanah," ujar Benny.
Masih berprinsip membela orang-orang lemah, Benny maju kembali sebagai calon anggota legislatif melalui Pemilu 2019 dari Partai Hanura. 
Apresiasi dan pujian pun berdatangan dari semua kalangan.
"Ini pencapaian yang luar biasa. Memang wajar dan tepat ketiak Teropong Parlemen memberikan penghargaan untuk Benny Rhamdani. Dari 132 senator, beliau mendapat penghargaan sebagai satu-satunya anggota DPD RI yang aspiratif. Banyak selamat untuk Benny Rhamdani," ungkap Ario Jatmiko.
"Bung Benny Rhamdani orang baik. Ia sudah teruji di tingkat nasional. Anggota DPRD Sulawesi Utara Tiga Periode itu telah membuktikan kepada Indonesia bahwa dirinya layak untuk mendapatkan penghargaan. Masyarakat Sulawesi Utara harus bangga dan memberikan apresiasi kepada beliau. Tidak gampang orang dari Indonesia Timur dipercayakan memimpin Komite Satu DPD RI. Saya salut dengan kiprah Benny Rhamdani," ujar sejumlah tokoh masyarakat di Sulawesi Utara.
Apresiasi juga datang dari warga Manado. 
"Memang Bung Benny vokal. Dia seorang aktivis dan langka ada orang seperti beliau. Mungkin dirinya dilahirkan untuk menjadi orang besar yang membela kepentingan rakyat," ucap Handri Lapasi, warga kota manado.
Saking vokalnya dalam berpolitik, tak heran Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)  Calon Presiden Joko Widodo dan Maaruf Amin yaitu Erick Tohir mempercayakan Benny Rhamdani  sebagai Direktur Kampanye Nasional.
"Alhamdulilah, mengabdi 5 Tahun di DPD RI (2014-2019), mendapatkan Penghargaan Teropong Parlemen Award sebagai anggota Parlemen Paling Aspiratif bersama 13 Anggota Parlemen Republik Indonesia lainnya.
Diluar Bpk.Oesman Sapta (Sebagai Ketua DPD RI), Penghargaan tersebut diberikan kepada Saya sebagai satu-satunya Anggota DPD RI. Karena penerima Award yang lainnya berasal dari DPR RI. Terima Kasih Rakyat Bolmong Raya, Terima kasih Rakyat Sulawesi Utara, Terima Kasih Rakyat Indonesia.
Saya sadar bahwa saya bukan manusia sempurna.
Begitupun masih adanya pekerjaan rumah terkait masalah rakyat dan daerah yang belum saya selesaikan sepenuhnya. Tapi sebagai babu dan budak rakyat BABU, saya sudah bernazar sejak pertama kali terjun ke dunia politik, bahwa diri dan seluruh perjuangan, saya wakafkan  untuk rakyat yang telah memberi mandat dan pengutusan keoada saya untuk menjadi Anggota Parlemen," jelas Benny Rhamdani.

Diketahui, Teropong Parlemen Award 2019 adalah sebuah apresiasi yang diberikan oleh portal berita online TeropongSenayan.com kepada para wakil rakyat yang memiliki kinerja baik dan berprestasi.

Tujuannya adalah untuk memacu kinerja anggota parlemen lainnya agar turut menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi kedepannya. 

Penganugerahan ini diberikan berdasarkan data dan analisa tim riset TeropongSenayan yang diperkuat oleh penilaian tiga juri dari tiga juri peneliti politik, pengamat dan akademisi. Yaitu, Direktur Kebijakan Publik/Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI), Jerry Massie, Akademisi UIN Jakarta, Adi Prayitno, Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio.

Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Fokus penelitian kualitatif adalah eksplorasi. 

Hal ini digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang alasan yang mendasari, opini, dan motivasi. 

Metode pengumpulan data kualitatif cukup bervariasi, diantaranya menggunakan teknik terstruktur dan semiterstruktur.

Sementara salah satu juri Jerry Massie dalam kesempatan ini mengatakan bahwa pemberian award ini bukan hanya unsur popularitas dan elektabilitas semata namun dilihat dari sejumlah kriteria baik itu integrity (integritas), kredibility, capacity (kapasitas, ability (kemampuan) and intensity (intensitas).

“Ada pula penilaian sustainable, (secara berkelanjutan), achiavable, (dapat dicapai), reasonable and measurable (dapat diukur). Jadi sangat komplit. Mereka yang terpilih atau masuk nominator melalui seleksi yang ketat,” kata Jerry.

Lantaran bagi Jerry, mereka yang sudah baik (good), belum tentu terbaik (best) ataupun paling baik (better). (TIM AR)


===tabel===

Kategori Anggota Parlamen Aspiratif :

1. DR. H. Jazuli Juwaini, Lc., M.A. (Anggota Fraksi PKS)

2. DR. Ir. H. Adies Kadir, S.H., M.Hum (Anggota Fraksi Golkar)

3. Drs. Agun Gunanjar Sudarsa (Anggota Fraksi Golkar)

4. H. Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag (Anggota Fraksi PKB)

5. Benny Ramdhani (Anggota DPD RI)

6. H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag.,M.Si. (Anggota Fraksi PKS)

7. DR. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si (Anggota Fraksi Demokrat)

8. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, S.H., M.H. (Anggota Fraksi Gerindra)

9. Ir. H. Bambang Haryo Soekartono (Anggota Fraksi Gerindra)

10. DR. Reni Marlinawati (Anggota Fraksi PPP)

11. Ir. H. A. Hafisz Tohir (Anggota Fraksi PAN)

12. Daniel Johan, SE. (Anggota Fraksi PKB)

13. Viva Yoga Mauladi, M.Si (Anggota Fraksi PAN)

14. DR. (H.C) Oesman Sapta (Anggota DPD RI)

* Kategori Fraksi Peduli Sosial: 

1. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

2. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

3. Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar)

* Kategori Fraksi Teraktif dalam Proses Legislasi: 

1. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

2. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa

3. Fraksi Partai Golongan Karya

* Kategori Tokoh Empat Pilar MPR : DR. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Lc, M.A.

* Kategori Tokoh Literasi Legislasi : Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., M.H. 

* Kategori Tokoh Reformasi Parlemen : DR. H. Ade Komarudin, MH. 

* Kategori Senator Peduli Daerah : DR. (H.C) Oesman Sapta.

* Kategori Parlemen of The Year: H. Bambang Soesatyo, S.E., MBA.

No comments

Powered by Blogger.