Iklan

March 25, 2019, 18:37 WIB
Last Updated 2019-03-26T01:41:55Z
Manado

Usai Periksa Pasukan Menggunakan Jeep Rubycon, Walikota Jadi Inspektur Upacara

Gunakan Jeep Walikota Memeriksa Barisan Peserta Upacara
Jurnal,Manado - Dengan menggunakan kendaraan Jeep jenis rubycon dengan plat DB 1 A, orang nomor satu di kota manado GS. Vicky Lumentut melakukan pemeriksaan pasukan yang baris berbaris dilapangan sparta tikala guna melaksanakan upacara peringatan Hut Pemadam Kebakaran ke 100, Hut SatPol-PP ke 69, dan Hut Sat-Linmas ke 57 Tahun 2019, se Sulawesi Utara, Senin (25/03/2019). 

Usai melakukan pemeriksaan, dilanjutkan dengan upacara dan sambutan.

Walikota membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo bahwa peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang dilakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian apatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Peran penting Pemadan Kebakaran, SatPol PP, dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. yakni pertama, tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Kedua, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Ketiga, Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam menyelengaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara.

Pada kesempatan itu juga ia mengingatkan bahwa Indonesia akan memasuki agenda Nasional yang sangat penting, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif secara serentak. Seluruh Aparatur Pemerintah dan komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif.

“Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah Demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat. Menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi, yaitu politik uang, politisasi sara, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan Negara Indonesia. , “ kata Walikota.

Disela Upacara tersebut, juga dilakukan MoU antara Pemkot Manado bersama Angkasa Pura I, juga Pemkot Manado bersama Rumah Sakit (RS) yang diwakili oleh RS Prof Kandou dan RS Siloam terkait pelayanan 112 Call Center. Diakhiri dengan pertunjukan atraksi Mercin Band dan atraksi bela diri dari SatPol-PP Kota Manado.(*jm)