Iklan

April 12, 2019, 01:40 WIB
Last Updated 2019-04-12T08:40:22Z
Manado

Karena "PANADA" GSVL Terima Penghargaan Walikota Terbaik

JurnalManado - Berbagai terobosan dilakukan Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Wali Kota Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan untuk kemajuan kota Manado. Salah satunya adalah terobosan PANADA anada (Portal Analisis Data Berbasis Peta), yang merupakan hasil kerja sama antara Kepala Lingkungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Portal ini memberikan informasi mengenai status kependudukan, pajak dan perizinan dalam sekali klik bidang hasil digitasi.
Karena terobosan dan inovasi yang cerdas tersebut, Wali Kota Vicky Lumentut mendapatkan penghargaan Best Walikota Indonesia Innovation Award (IIA) 2019. Penghargaan diberikan atas komitmen dan dukungan Walikota dengan hadirnya inovasi Aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) di Bapelitbangda Kota Manado.

Dewan Juri menilai bahwa pemerintah kota Manado layak untuk menerima penghargaan Indonesia Innovation Award Kategori khusus innovation on portal analisis data berbasis peta (PANADA) 2019 karena pemerintah daerah tersebut melakukan terobosan dalam inovasi.

Penghargaan diberikan atas komitmen dan dukungan Walikota dengan hadirnya inovasi Aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) di Bapelitbangda Kota Manado. Di bawah binaan langsung Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan, PANADA merupakan aplikasi simpul jaringan yang difasilitasi Big Data melalui Kepala Bapelitbangda, Dr. Liny Tambayong dengan dukungan Dinas Kominfo, menghubungkan data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta data perpajakan di Badan Pendapatan Daerah. Dengan PANADA, Dashboard monitoring bisa menampilkan peta tematik perangkat daerah. Yang paling unik, PANADA bisa mendeteksi lokasi rumah atau tempat usaha di Manado sekaligus dengan identitas pemilik serta status sudah atau belum bayar pajak.(*jm)