Header Ads

Kevin dan Gideon Lolos Babak Final Piala Asia Championships

JurnalManado - Turnamen bulutangkis Badminton Asia Championships 2019 memasuki hari kelima atau babak semi final hari ini, Sabtu (27/4/2019).

Indonesia mengirimkan dua wakilnya untuk memperebutkan tiket final yang berlangsung esok hari, Minggu (28/4/2019).

Dua wakil tersebut adalah pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.

Tanding melawan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, The Minions berhasil merebut tiket final lewat rubber game.
Dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram @badminton.ina, Marcus/Kevin berhasil menundukkan Takeshi/Keigo dengan skor 15-21, 21-17, 21-15.

Game pertama diawali dengan kekalahan Minions.

Lantaran belum dapat menemukan ritme permainan, Minions sempat tertinggal jauh yakni 1-8.

"Di game pertama mereka start-nya lebih siap dari kami, kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri. Waktu awal-awal game kedua pun kami masih berusaha keluar dari tekanan itu dan akhirnya kami bisa membalikkan tekanan ke lawan," ungkap Kevin Sanjaya dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram @badminton.ina.

Meski sempat menyusul 12-14, namun Marcus/Kevin harus berlapang dada mengakui kemenangan lawan.

Di game kedua, pertarungan berjalan makin sengit hingga akhirnya Marcus/Kevin berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 21-17.

Kembali dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram @badminton.ina, di game ketiga, satu pengembalian lawan mengenai badan Marcus namun hal ini tak dinyatakan fault oleh wasit, saat bola jatuh di luar area pertahanan Kevin/Marcus, wasit menambah poin untuk The Minions

Insiden ini lantas membuat ganda putra Jepang Kamura/Sonoda lantas mengajukan protes namun wasit mengatakan ia tidak melihat bahwa bola mengenai badan Marcus dan hakim garis menyatakan bola jatuh di luar lapangan.

Namun keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat ditarik kembali.

Kevin/Marcus terus melaju dan akhirnya merebut tiket final.

"Di game ketiga, permainan masih ramai terus dan tadi kami hoki juga karena sebenarnya memang fault, kena badan koh Sinyo (Marcus), tapi wasit tidak bisa mengubah keputusan," tutup Kevin.

Dengan hasil yang diraih Minions, Indonesia berhasil mengamankan satu tiket final Badminton Asia Championships 2019.

Sementara itu, harapan Indonesia untuk menang di sektor ganda putri harus pupus lantaran Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta gagal merebut kemenangan dari ganda putri China Chen Qingchen/Jia Yifan.

Mereka kalah lewat dua set sekaligus dengan skor 20-22 dan 12-21.

Dengan demikian, Della/Rizki akan meraih medali perunggu pada Kejuaraan Asia tahun ini.
(jurnalmanado.com/Tribunnews.com/Fathul Amanah)
Powered by Blogger.