Header Ads

Hadapi Arus Mudik Lebaran. Ini Yang Akan Dilakukan BPTD Wilayah XXII Sulut

JurnalManado - Untuk menghadapi arus mudik lebaran maka Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut melakukan rapat koordinasi dengan seluruh satuan pelayanan se - Sulut.


Rapat koordinaasi yang dilaksanakan di Kantor BPTD Wilayah XXII Sulut di pimpin langsung Kabalai BPTD, Tito Gesit Utiarto, SE, DESS.

Menurut Kabalai, rakor dilaksanakan untuk memastikan kesiapan di terminal bus, pelabuhan penyeberangan dan operator angkutan dalam mengantisipasi peningkatan arus penumpang pada masa angkutan lebaran.  

"Kesiapan itu meliputi pelayanan angkutan di terminal bus, pelabuhan penyeberangan, kesiapan armada baik bus maupun kapal," terang Tito. Sembari mengatakan armada wajib dalam kondisi sehat atau laik jalan. Pengemudi harus mematuhi peraturan lalulintas seperti pemuatan penumpang maupun barang. Demikian pula di Kapal penyeberangan untuk menjamin keamanan dan keselamatan dalam pelayanan penumpang / muatan. 

Lanjut Tito, sebelum beroperasi semua armada wajib melaksanakan ramp chek.

"Ramp chek dilakukan di terminal baik kesiapan sopir, kesiapan armada itu sendiri, perlengkapan keselamatan, surat kendaraan dan memberikan informasi terkait cuaca. Semua sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)," kata Tito.

Ia juga menjelaskan periode angkutan dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7.  

"Nanti BPTD akan menyelenggarakan Apel Kesiapan Jajaran BPTD, operator, berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat, Dishub Provinsi Sulut, Polda Sulut, Dishub Kab/ Kota. Penyelenggaraan apel kesiapan, menyesuaian dengan apel kesiapan angkutan lebaran di tingkat pusat Kemenhub,"jelas orang nomor satu di BPTD Sulut ini. 
Ia juga berharap periode angkutan lebaran menjadi momentum untuk mewujudkan  ketertiban, kemanan dan keselamatan angkutan selamanya.

Hadir dalam rakor Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tangkoko, Koord Satpel Terminal Liwas, Koord Satpel Terminal Buroko
Koord Satpel Penyeberangan Likupang, Koord Satpel Penyeberangan Bitung, Koord Satpel Penyeberangan Amurang, Koord Satpel Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Wangurer, Kabid Phb Darat Dishub Provinsi Sulut, GM PT ASDP Cabang Bitung, GM Perum DAMRI Cabang Manado, Perwakilan PO angkutan bus, Perwakilan Perum Daerah Angkutan Penyebeangan.(man)


Powered by Blogger.