Header Ads

Wujudkan WBK dan WBBM, Walikota Canangkan Pembangunan Zona Integritas

JurnalManado - Satu tekad mewujudkan pengelolaan pemerintah yang bersih maka Pemerintah Kota Manado bersama Pengadilan Negeri Manado, Kejaksaan Negeri Manado, Polresta Manado, Rutan Manado, menyelenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (08/05/2019) yang dilaksanakan di aula Kantor Walikota Manado.

"Ini sebagai wujud nyata dan tekad dalam membangun pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi dan melayani," kata Walikota.

Penandatangan MoU WBK dan WBBM
Lanjut GSVL sapaan akrab walikota, langkah yang ditempuh merupakan program dari reformasi birokrasi dan penegakan hukum yang selama ini telah dilaksanakan di lingkungan pemkot manado.

Meski demikian ia mengakui jika penerapan penegakan hukum di indonesia belum terlaksana dengan baik. Banyak kendala yang sering dihadapi seperti maraknya penyalahgunaan wewenang praktek KKN dan lemahnya pengawasan yang menyebabkan kinerja pemerintah menjadi tidak maksimal disertai dengan masih suburnya korupsi dalam tubuh pemerintahan.
Pejabat Pemkot Manado dan Seluruh ASN Pemkot Saat Mengikuti Pencanangan WBK dan WBBM

"Upaya pemberantasan korupsi memang tidak semuda membalikkan telapak tangan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah seperti penataan kebijakan dan regulasi baik berupa instruksi maupun peraturan perundangan undangan, perbaikan tata kelola pemerintahan, pembenahan proses pelayanan publik, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara termasuk penyelematan dan aset negara,”jelas GSVL. Sembari mengatakan, semua program berjalan dengan baik perlu ditunjang SDM yang baik pula.
Suasana Saat Pencanangan

"Tanggungjawab dan SDM harus seiring sejalan sehingga program yang telah dicanangkan dapat terlaksana dengan baik,"kata GSVL.

Pada kesempatan itu juga, walikota memberikan apresiasi yang tinggi kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), maupun segenap stakeholder.
Foto Bersama Usai Pencanangan

Hadir dalam acara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Helda Tirajoh SH, Staff Ahli Walikota, Para Assisten, Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado.(man)
Powered by Blogger.