Iklan

June 28, 2019, 17:45 WIB
Last Updated 2019-06-29T00:47:00Z
Manado

Walikota Manado GSVL buka Sosialisasi Perwal 33 Tahun 2018

JurnalManado – Populasi penduduk kota Manado saat ini semakin bertambah, bukan karena kelahiran tapi karena daya tarik kota Manado yang makin hari Makin Seksi sehingga banyak yang datang berkunjung maupun tinggal di kota Manado.Ucap Walikota Manado Gs Vicky Lumentut saat membuka kegiatan Evaluasi Pengelolaan Persampahan dan Sosialisasi Perwal 33 Tahun 2018 di ruang Serba Guna Pemkot Manado Jumat (28/6) sore.

Dijelaskannya, dari 526 ribu lebih penduduk kota Manado menghasilkan sampah setiap harinya.
“Makin hari sampah makin banyak, ini merupakan efek positif dari ekonomi kita yang geliatnya semakin baik, namun sampah ini apabila tidak dikelola dengan baik akan mempengaruhi kesehatan dan keindahan lingkungan kita,”ucap Walikota.

Salah satu upaya dari Pemerintah saat ini dengan adanya TPA Regional yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi yang berlokasi di Minahas Utara.

Namun Vicky menuturkan, kondisi TPA Sumompo sudah tidak bisa lagi menampung sampah dalam waktu yang lama, maka dalam pertemuan bersama Kementrian Lingkungan Hidup diterbitkanlah Perwal 33 Tahun 2018 yaitu pengelolaan persampahan berbasis Kecamatan.
“Kami berharap, teman teman yang hadir saat ini menjadi corong kami untuk diteruskan ke 504 lingkungan, harapan kami idealnya dimulai dari keluarga yaitu dengan memilah sampah organik dan non organik, baik penggunaan decomposer maupun pembuatan kompos,”ujar GSVL.

Hadir mewakili Walikota, Asisten 1 Hery Saptono, Kaban Bapelutbangda Kota Manado Liny Tambajong, Kabag Hukum Dan Setda Yanti Putri, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan Se kota Manado.(Ipeh)