Iklan

August 12, 2019, 14:15 WIB
Last Updated 2019-08-12T21:15:20Z
Manado

Bahaya Kebakaran , Walikota GSVL himbau Warga tingkatkan Kewaspadaan di Musim Kemarau

Jurnal Manado - Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana yang sering terjadi pada musim kemarau, seperti kebakaran. “Kewaspadaan harus ditingkatkan saat musim kemarau, berkaitan dengan bahaya kebakaran baik lahan ataupun pemukiman,” ujar Walikota.

Walikota menambahkan, musibah kebakaran hutan dan lahan, apalagi yang dekat dengan pemukiman, rawan terjadi saat musim kemarau. Namun semua itu bisa diantisipasi, asalkan seluruh elemen berniat menjaga dan menahan diri, agar tidak membuka lahan dengan membakar. 

Termasuk bagaimana masyarakat juga harus selalu berhati-hati saat menghidupkan api atau meninggalkan rumah. Jangan sampai ada sisa api, ataupun bahan yang mudah terbakar lainnya masih menyala, juga peralatan listrik seperti setrika, harus kita perhatikan saat akan beraktifitas diluar rumah. 

Selain bahaya kebakaran hutan, dan lahan, pada musim kemarau ini juga sangat rawan terjadi kekeringan. 
Salah satu dampaknya, kekurangan pasokan air bersih. “Kekeringan juga menjadi ancaman, hal itu harus diwaspadai. Perlu diantisipasi sejak dini,” kata Walikota.(Ipeh)