Header Ads

Diupacara HUT RI ke - 74 Kabalai Bacakan Sambutan Menteri Perhubungan RI Dirangkaikan Dengan Pembukaan HARHUBNAS

Kabalai Saat Membacakan Sambutan Menteri Perhubungan 
JurnalManado - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke - 74, Balai Pelaksana Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXXII Sulut melaksanakan upacara di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung.

Dalam kesempatan itu, Inspektur Upacara Kepala BPTD Wilayah XXII Sulut Renhard Ronald, S. SiT, MT membacakan pidato Menteri Perhubungan RI yang dirangkaikan dengan Pembukaan Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS).
Berikut kutipannya;
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, di pagi hari yang berbahagia ini kita dapat bersama-sama mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan 74 tahun proklamasi kemerdekaan negara kita tercinta, lndonesia. 

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia hendaknya dapat kita jadikan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan yang telah diproklamirkan 74 tahun silam bukan semata-mata merupakan akhir perjuangan rakyat Indonesia, tetapi sebagai titik awal bagi bangsa untuk memulai kehidupan sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat serta untuk mewujudkan cita-cita bangsa. 

Indonesia sebagai bangsa yang besar harus memiliki cita'cita serta mimpi-mimpi yang besar. Kemerdekaan yang kita nikmati merupakan perjuangan para pahlawan yang diisi dengan rasa syukur serta upaya mengisi kemerdekaan dengan bekerja keras dan ikhlas membangun jiwa dan raga bangsa Indonesia, serta ikut melestarikan dan menjaga hasii-hasil pembangunan. 

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia, 

Seiring dengan memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tahun ini yang bertema “SDM Unggul lndonesia Maju", saya berharap, sebagai insan perhubungan, kita harus selalu bersemangat dan optimis untuk meningkatkan potensi kita sebagai sumber daya manusia di bidang transportasi. 

Kualitas SDM Transportasi menceminkan wajah keunggulan sebuah bangsa. Transportasi sebagai kebutuhan dasar yang menggerakkan sektor-sektor strategis lainnya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM insan perhubungan berjalan sinergis dengan pembangunan dan kemajuan negara.

Permintaan jasa transportasi di Indonesia mengatami peningkatan sangat pesat, hal ini harus diimbangi dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia di bidang transportasi yang berkualitas. Dalam upaya mewujudkan SDM yang berkualitas, Kementerian Perhubungan terus berkomitmen untuk menyiapkan SDM transportasi yang siap untuk menghadapi kemajuan pesat di bidang transportasi, tantangan global maupun revolusi industri 4.0 melalui pendidikan, pelatihan dan penyuluhan yang meliputi transportasi moda darat, laut, udara dan perkeretaapian dalam kurun waktu 2015 2019. 

Visi pemerintah dalam penyiapan SDM harus juga diletakkan sebagai visi jangka panjang Kementerian Perhubungan 2020-2024 dalam membangun SDM-nya. Pasalnya, membangun manusia Indonesia ialah investasi jangka panjang untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju. 

Tentu masih banyak catatan pencapaian maupun kekurangan untuk meningkatkan kualitas pembangunan SDM. Namun, apa yang sudah dilakukan pemerintah saat ini akan menjadi fondasi kebijakan untuk mempersiapkan SDM Indonesia lebih maju lagi ke depan. Hanya dengan pembangunan manusia yang unggul, bangsa Indonesia akan melangkah mencapai cita-cita kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. 

Sudah saatnya kita bersama-sama sebagai bangsa bekerja keras mengisi kemerdekaan. Tentu saja melalui pembangunan yang positif, baik secara moral maupun fisik, didukung dengan pembangunan SDM yang berkualitas. 

Saudara-saudara yang berbahagia, 

Momentum hari kemerdekaan yang penuh dengan semangat kebangsaan ini merupakan langkah pembuka kita memasuki Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) satu bulan kedepan. Implementasi semangat kebangsaan dalam mengedepankan keselamatan dan pelayanan transportasi seperti gerakan bersih-bersih prasarana transportasi yang telah dilaksanakan sangat saya apresiasi. Selain kegiatan tersebut, selaku Menteri Perhubungan saya menghimbau seluruh jajaran yang menangani transportasi baik di pusat maupun di daerah agar melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai Persatuan dan Kesatuan, Kerjasama, Kemanusiaan serta Cinta Tanah Air dengan penuh semangat. Semoga kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan tersebut mempererat rasa kebersamaan dan solidaritas sebagai insan perhubungan sehingga dapat memperkuat kinerja dan pelayanan penyelenggaraan transportasi di Indonesia. 

Insan Perhubungan yang saya cintai, 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, dengan mengucap “Bismillahirrohmanirrohim” saya nyatakan pada hari ini sebagai saat dimulainya rangkaian kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 dengan tema “Menyambung Nusantara Merajut Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul lndonesia Maju". 
Saudara-saudara sekalian yang berbahagia, 

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua dalam mewujudkan dan mengharumkan nama bangsa dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan menunaikan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara sebaik-baiknya. Dirgahayu Republik Indonesia. 
Usai itu dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dan lomba.
Turut hadir salam upacara diantaranya AKBP Syamsuri Anang S,sos Kabag Binops Dirlantas Polda Sulut, mewakili Kapolres Bitung, Kejari M. Taufik Thalib, BNI Sjaloom Rampengan.(man/lipsus)

Powered by Blogger.