Header Ads

Perubahan Demi Perubahan Untuk Membangun Sulut Disektor Pariwisata

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Menkumham Yasonna Laoly (kedua kiri) dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kedua kanan) saat berkunjung ke sulut.(ist)
JurnalManado - Diketahui bahwa sejak 2016 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mencanangkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Per April 2019, kunjugan pelancong asing secara kumulatif dalam empat bulan telah mencapai 53.588 orang atau 44 persen dari pencapaian selama 2018. Adapun sepanjang 2018, kunjungan wisatawan mancanegara tumbuh 54 persen secara tahunan. Pun masih dalam program mendongkrak pariwisata, Pemprov Sulut juga tengah gencar - gencar membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Pulisan yang akan digarap PT Minahasa Permai Resort Development dengan luas 374 hektare telah dibebaskan dan investasi sebesar Rp11 triliun siap mengalir ke provinsi berjuluk Bumi Nyiur Melambai itu.
Begitu juga dengan infrastruktur lainnya seperti pengembangan jalan yang diungkapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan Rp211 miliar untuk pengembangan jalan nasional bukan tol di lintas Manado-Bitung-Likupang. Pengembangan jalan di wilayah itu digarap sejak 2016 untuk mendukung sektor pariwisata. Dimana Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pada 2016 pihaknya telah meningkatkan jalan nasional di Likupang sepanjang 7,7 kilometer dengan anggaran Rp41 miliar. Penanganan jalan berlanjut pada 2019 dengan meningkatkan jalan di bilangan Girian Bitung sepanjang 7,9 kilometer dengan anggaran Rp57 miliar. Ada juga pembangunan jalan akses menuju kawasan pariwisata di Likupang sepanjang 6 kilometer dengan anggaran Rp48 milar.

Ditahun 2020 akan dilanjutkan peningkatan Jalan Girian (Bitung)-Likupang dengan anggaran 40 miliar dan Jalan Akses Pariwisata Likupang dengan anggaran Rp 25 miliar.

Apalagi Presiden Jokowidodo pada saat berkunjung ke Sulut beberapa bulan lalu mengatakan sulut akan jadi rising star pariwisata. 

Hal itu dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambay dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw guna memajukan daerah sulawesi utara.

"Ini semua untuk kemajuan sulawesi utara kedepan. Kita jangan berpikir hanya untuk kita tapi berpikir untuk anak cucu kedepan," kata Gubernur. Sembari mengatakan, peluang sangat terbuka lebar dan pemerintah serius menggarap potensi pariwisata.(man)

Powered by Blogger.