Header Ads

Walikota Resmikan Pasar Kayu Bulan

JurnalManado - Pasar Restorasi Kayu Bulan yang terletak di Kecamatan Malalayang, Rabu, (14/08/19) Sore, diresmikan oleh Walikota Manado G.S Vicky Lumentut didampingi Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof DR Julyeta P.A Runtuwene, Sekretaris Daerah Micler Lakat SH.MH, Direktur Utama PD Pasar Manado Stenly Suwuh, ditandai dengan pengguntingan pita.
Walikota Vicky Lumentut pada kesempatan itu menjelaskan terkait kenapa pasar tersebut dinamakan restorasi.
“ Pasar ini sengaja saya namakan Restorasi. Karena dari tempat ini akan ada pasar yang menjadi idaman kami di kota Manado, pasar ini akan dibuat berbeda dengan pasar lainnya. Pasar Restorasi ini akan dijadikan pasar induk,”jelas Walikota Vicky Lumentut.
Lanjutnya, semua bahan-bahan yang datang dari luar Manado, akan ditampung di pasar induk dibersihkan lalu dikemas selanjutnya disalurkan ke pasar pinasungkulan dan Bersehati.
“ di pasar induk restorasi ini semua hasil bahan seperti jagung, kulitnya nanti dibersihkan dari sini dan diedarkan sudah bersih dan dalam bentuk kemasan.Sampahnya akan langsung di bakar di sini, karena ada alat pembakaran sampah sehingga sampah tidak mengotori lingkungan,”terang Walikota Vicky Lumentut.

Nanti di pasar induk restorasi dikatakan Waikota Vicky Lumentut, akan dibuat gudang pendingin. Untuk menyimpan bahan tertentu yang harus diletakan di tampar bersuhu dingin, agar tidak rusak dan jatuh harganya.
“Adapun fasilitas penunjang lainnya akan diadakan di tempat ini, seperti kelas bermain anak, fasilitas kesehatan dan olahraga.”tandas Walikota Manado.
 Ditambahkannya, ada sejumlah 124 pedagang dari pasar Bahu pindah dan berjualan di pasar restorasi Malalayang.
  Untuk fasilitas transportasi, disiapkan 40 Armada Angkutan Umum yang akan beroperasi ke Pasar Restorasi ini. Saya sudah bicarakan dengan Kepala Dinasnya,”beber Walikota.
Walikota Vicky Lumentut menghimbau bagi masyarakat entah itu pembeli atau pedagang, agar jaga kebersihan dan penataan pasar Restorasi.
“ Nanti ada pihak pengelola yang akan mengatur di sini. Jaga kebersihan dan ini akan menjadi seperti pasar modern, tidak ada lagi becek, kotor dan lain sebagainya,”pungkas Walikota Vicky Lumentut.Hadir dalam peresmian pasar restorasi, kepala – kepala perangkat daerah, jajaran Direksi PD Pasar Manado serta tamu undangan lainnya.(*jm)

Powered by Blogger.