Header Ads

Diduga Terlantar,Bupati Sumendap Bantu Berty Ondang Berobat ke Rumah Sakit

Jurnal,Mitra-Miris dialami Berty Ondang warga yang tinggal di Desa Silian Kecamatan Silian Raya Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dimana Berty sendiri diduga dilantarkan keluarganya. Membuat empati dan simpati dari Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap SH, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Mitra dari mengantar kerumah sakit sampai menjaga dan merawatnya.

Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap SH lewat Asissten 1 Drs Jani Rolos menjelaskan, dimana bersangkutan awalnya didapati sedang sakit disalah satu gubuk yang katanya itu milik orang lain. Terkait informasi yang didapat dari Puskesmas Touluan, pemkab sendiri langsung membantu yang bersangkutan.

"Dengan ketulusan hati dari Pak Bupati James Sumendap SH, langsung menginstruksikan seluruh perangkat yang berwewenang segera membantu. Saya sendiri langsung turun dan membantu yang bersangkutan,"ujar Assisten 1 Drs Jani Rolos.

Berdasarkan hal tersebut, Pemkab Mitra langsung mengantar bersangkutan untuk berobat ke Rumah Sakit Noongan. Namun disaat berada di Rumah Sakit Noongan, bersangkutan di rujuk ke Rumah sakit Ratumbuysang untuk diperiksa kejiwaan.

"Sesampai ke RS Ratumbuysang Manado, bersangkutan sendiri di periksa para dokter ahli. Menurut dokter sendiri bersangkutan hanya sakit mental, "pungkas Rolos.

Dikarenakan bersangkutan sendiri hanya sakit mental. Maka, bersangkutan sendiri langsung di rujuk ke Rumah Sakit Prof Kandouw Malalayang.

"Bersangkutan sendiri semuanya di fasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Mitra dalam hal ini Bupati Mitra James Sumendap, dari rumah sakit Noongan sampai ke Rumah Sakit Prof Kandouw. Sampai juga pakaian, makanan disediakan Pemkab,"tuturnya.

Iapun menambahkan, bersangkutan sendiri secara bergantian dijaga oleh Assisten 1, Camat Silian, dan dinas bersangkutan. Bukan saja hanya itu perhatian yang diberikan Pemkab Mitra, sampai ke masalah pakaian dan makanan yang terus diberikan kepada bersangkutan.

"Ini menunjukan kepedulian dari Pak Bupati James Sumendap SH yang sangat prihatin terhadap masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Sehingga kedepannya, bersangkutan dikarenakan diduga dilantarkan oleh Keluarga akan dibuatkan KTP dan Kartu Keluarga Kabupaten Mitra agar bisa di tempatkan di Panti Jompo,"tuturnya.

Hal yang sama dikatakan Kabag Humas dan Protokoler Mitra Arnold Mokosolang menuturkan, bersangkutan sendiri berasal dari Desa Tawaang Minsel. Tetapi di karenakan bersangkutan sendiri telah  bertempat tinggal di Touluan Kecamatan Silian, tetapi dengan ketulusan hati Bupati yang tak ingin melihat masyarakatnya dilantarkan.

"Berdasarkan informasi didapat, ternyata yang bersangkutan sendiri hidupnya berpindah-pindah rumah dikarenakan anak-anaknya sudah membiarkannya hidup sendiri. Namun sebagai warga masyarakat yang tinggal di Kabupaten Mitra, memberikan bantuan berupa baju bekas kepada yang bersangkutan. Dikarenakan salah seorang anak yang sempat datang berkunjung ke Rumah sakit tetapi langsung saja meninggalkan yang bersangkutan sendiri,"tutup Kabag. (hak)
Powered by Blogger.