Header Ads

Wujudkan Program ODSK, Dukcapil Dorong Program Pengembangan Kampung KB dan Percepatan e-KTP

JurnalManado - Untuk menunjang Program ODSK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Prov. Sulut terus menggiatkan program yang menyentuh masyarakat hingga di level paling bawah. Seperti beberapa waktu lalu dimana, Dukcapil dan KB Prov. Sulut melakukan Rapat Koordinasi dengan seluruh Pemerintah Kota di Sulut dalam hal ini Lurah dan perwakilan yang telah berdiri Kampung KB. Skaligus sosialisasi e-KTP.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Dukcapil dan KB Sulut Bahagia Mokoagow bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi untuk mendorong pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup Keluarga dan masyarakat sebab kampung KB bertujuan sebagai upaya percepatan pembangunan wilayah.
Adapun peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui pendekatan pelayanan program KKBPK,
Penguatan 8 fungsi keluarga, Partisipasi aktif masyarakat, Pembangunan yang terintegrasi lintas sektor.
"Ini penting dilakukan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan hingga ke pelosok," kata Kadis Bahagia.

Adapun manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kata Bahagia yaitu menjadi pusat perhatian dan intervensi kegiatan
lintas sektor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sementara untuk Pemerintah Daerah yaitu Mempercepat pembangunan dan perkembangan daerah. Sedangkan Lintas Sektor sebagai wadah implementasi kegiatan dan percepatan capaian program. BKKBN sendiri percepatan capaian program KKBPK.

Berdasarkan kondisi tertentu menurut data dan kondisi wilayah yang perlu penggarapan bersama dalam rangka percepatan pembangunan manusia dan wilayah Misalnya: daerah stunting, desa sangat tertinggal/ tertinggal, daerah pasca bencana.

"Kita telah mengaosialisasikan ke tingkat kelurahan yang dihadiri langsung oleh para lurah dan perwakilan kampung KB. Selain itu tak kalah pentingnya adalah sosialsasi e-KTP seluruh warga sulut sehingga selain mendorong pembangunan juga mempercepat pendataan yang saat ini sudah melalui sistim online. Pendataan kependudukan setiap enam bulan selalu diperbaharui katena faktor yaitu meninggal dunia, kelahiran. Pendataan penting guna mengetahui pertumbuhan penduduk dan lebih teroganisir. Ini urgen, sebab tanpa penduduk tidak ada wilayah. Semua sejalan dengan program Pak Gubernur yaitu Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK)," kata Bahagia yang memiliki slogan A-Ku BAHAGIA (Administrasi Kependudukan yang Membahagiakan Rakyat) ini.(man)

Powered by Blogger.