Header Ads

Pemkab Mitra Gelar Sosialisasi KIM

Jurnal,Mitra, -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), gelar sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Rabu (16/10/19).

Bupati James Sumendap SH yang diwakili Assisten III Drs Frits Mokorimban ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini penting terkait Teknologi Informasi sehingga Inisiatif Pemerintah Desa yang melibatkan masyarakat dalam suatu kelompok informasi harus di apresiasi."Kami bersyukur karena Mitra merupakan yang paling siap dan terbanyak terbentuknya Kelompok Informasi se Sulut, sehingga diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi lewat keterlibatannya dalam menginformasikan setiap program baik pemerintah dan lembaga lainnya untuk di ketahui dan dapat membantu warga lainnya lewat informasi yang  aktual,akurat dan terpercaya," ungkapnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Mitra Hersi Tuuk, kegiatan sosialisasi KIM dengan melibatkan seluruh pengurus di 37 desa yang sudah terbentuk di Mitra ini, dilakukan untuk mempermudah dalam hal pelayanan informasi.

"Pembentukan KIM ini berdasarkan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dimana setiap masyarakat peroleh memperoleh hak untuk mendapatkan informasi," ujar Tuuk

Lebih lanjut Tuuk mengatakan, undang-undang ini dibentuk dengan tujuan supaya masyarakat dapat memperoleh informasi begitupun informasi di setiap desa itu bisa diketahui oleh pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah akan memerlukan informasi yang paling cepat dari desa itu sendiri di mana mencari informasi yang paling tepat, misalkan adanya peringatan dini bencana alam, potensi pariwisata, maupun pengenalan produk unggulan di suatu desa. Karena itu sosialisasi ini sangat penting dilakukan dalam upaya untuk pemenuhan informasi masyarakat," jelas Tuuk didampingi Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Yuni Rondonuwu. (hak)
Powered by Blogger.