Iklan

November 13, 2019, 15:18 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

Sekdes Wajib Kuasai Semua, Sekda Ngongoloy : Sekdes Motor Pengerak

Jurnal,Mitra -Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Robby Ngongoloy, mewakili Bupati James Sumendap SH membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Perdes APBDes, RKPDes, dan RPJMDes .

Pada kesempatan tersebut, Sekda Mitra Robby Ngongoloy mengatakan, Sekertaris Desa (Sekdes) sebagai motor pengerak di desa harus tahu semuanya. Diawali dari sisi anggaran, sistem personalitinya terutama dalam anggaran.

“Para Sekertaris Desa pun diharapkan, harus menguasai visi dan misinya. Harus juga menyatuhkan Visi dan Misi dari Bupati Mitra James Sumendap SH,”ujar Sekda Rabu 13/11/19.

Para Sekdes di Kabupaten Minahasa Tenggara harus mengetahui sepenuhnya apa yang menjadi Program di desa, pengaggaranya. Paling prinsip yaitu, pelaksanaan dan pertanggung jawaban.

“Sekertaris Desa merupakan motor penggerak di desa, sekdes harus menguasai semuanya. Baik anggaran, ataupun program dan semuanya yang menyakut didesa, baru namanya motor,”pungkas Sekda.

Sama halnya dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakay dan Desa (PMD) Kabupaten Mitra Boyke Akay mengatakan, mempersiapkan aparatur yang betul-betul memahami administrasi desa. Dinas PMD Kabupaten Mitra melaksanakan Rakor penyusunan Perdes, APBDes, RKPDes, dan RPJMDes kepada seluruh Sekdes se-Kabupaten Mitra.

“Sekdes merupakan motor pengerak di desa, karena itu Sekdes harus memahami IT. Karena di ere milenial sekarang ini. Para sekdes wajib memahami dan mengetahui it, karena sekarang ini di Kabupaten Mitra seluruh anggarannya sudah memakai non tunai, jangan sampai ada kesalahan-kesalahan dalam penyusunan produk-produk hukum yang ada di desa masing-masing,”tuturnya.

Para Sekdes se-Kabupaten Mitra, mendapatkan materi oleh narasumber Maxi Alou yang merupakan Tenaga Ahli.(hak)