Iklan

November 7, 2019, 04:04 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:20:11Z
Politik

Sherly Tjanggulung Bantah Substansi Pemandangan Umum Fraksi NasDem Terhadap RAPBD 2020 Tidak Keluar Dari Konteks

JurnalManado - Pernyataan miring yang disampaikan anggota Fraksi PDIP Fabian Kaloh terhadap pemandangan umum dari Fraksi NasDem yang keluar dari substansi  akhirnya, mendapat tanggapan Fraksi NasDem.

Kepada JurnalManado.com. anggota Fraksi NasDem Sherly Tjanggulung mengatakan, Fabian Kaloh belum menyadari posisinya saat ini sehingga mengeluarkan pernyataan seperti itu.

“Fabian itu belum move on dari dunia birokrat sehingga alur pikirnya masih seperti itu,” tegas personil Komisi lll DPRD Sulut.

Menurut Sherly Tjanggulung, posisi kita saat ini sebagai wakil rakyat yang dipercayakan oleh rakyat untuk menyampaikan aspirasi mereka.

“Dalam pemandangan umum Fraksi yang disampaikan juru bicara Nik Adicipta Lomban SE  tersebut tidak keluar dari konteks. 

Sesama politisi legislator daerah pemilihan (dapil) Nusa Utara itu menyarankan Fabian Kaloh untuk membaca sekaligus belajar kembali paraturan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Pada pasal 25 dalam undang-undang tersebut sangat jelas mengisyaratkan tentang urusan Pemerintahan umum, pada point (b) dan (c) menyebutkan pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa dan pembinaan kerukunan antarsuku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas kemanan lokal, regional dan nasional, serta point huruf (f) menyebutkan tentang pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila.

Kami hanya menginginkan kegiatan Pemerintahan tidak berpotensi menimbulkan keresahan bagi masyarkat di Kabupaten Kepulauan Talaud, sehingga wajar untuk ditanyakan kepada gubernur,” tegas Sherly Tjanggulung kepada JurnalManado.com. Kamis (7/11/2019) diruang kerjanya.

Tjanggulung sembari menambahkan bentuk konkrit dari amanat Undang-undang ini anggota DPRD sebagai bagian dari unsur penyelenggara Pemerintah daerah wajib untuk menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif.

“Pemandangan umum dari Fraksi NasDem yang mempertanyakan hasil Pilkada Talaud adalah bentuk penegasan dukungan kepada bapak Olly Dondokambey SE sebagai Gubernur Sulut yang ingin menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Sulut,” harapnya

Lebih jauh, dirinya juga mempertanyakan dasar pernyataan Fabian bahwa jangan ada yang main-main dengan pembahasan,sebenarnya apa alasan dasar sehingga mengatakan seperti itu.

Diketahui sebelumnya, Fabian Kaloh menuding Fraksi NasDem dalam pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap RAPBD Sulut telah out of context atau keluar dari substansi yang ada.(tino)