Header Ads

Terima Mahasiswa Pascasarjana Unhan. Olly : Posisi Sulut Sangat Strategis

JurnalManado - Sulawesi Utara (Sulut) terletak di bibir pacifik, posisi geografis Sulut yang berdekatan dengan negara tetangga Filipina. Selain itu juga Sulut memiliki 4 kota dan 11 Kabupaten. Sebagai daerah kepulauan, Sulut juga memiliki 287 pulau dimana 59 pulau berpenghuni dan 228 pulau belum berpenghuni. Ini merupakan potensi bagi daerah. Hal itu dikatakan gubernur saat pemaparan dihadapan para mahasiswa Pascasarjana Fakultas Strategis Pertahanan, Universitas Pertahanan (Unhan) saat melakukan studi visit di Ruangan C.J. Rantung Kantor Gubernur, Kamis (21/11/2019).

"Saya berharap mahasiswa mempelajari sulut dari sektor industri, perikanan, pertanian dan sektor pariwisata. Apalagi pentingnya posisi Sulut dibuktikan dengan letak pelabuhan Bitung sebagai pintu gerbang perdagangan baik ekspor maupun impor," terang Gubernur. Sembari mengatakan bahwa perlu ada pengkajian untuk percepatan pertumbuhan perekonomian di wilayah timur indonesia.

Selain itu kata Olly, Provinsi Sulawesi Utara menjadi sangat strategis dalam wilayah pertahanan negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, diia berharap lewat study visit ini akan menghasilkan masukan penting bagi kemajuan Sulut.

“Saya harap universitas pertahanan dapat memberikan masukan yang sangat penting bagi pemerintah,” kata orang nomor satu di sulut.



Sebelumnya, Pemprov Sulut menjalin kesepakatan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Unhan. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan calon pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan dalam bidang pertahanan setara dengan strata 2.

Kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan MoU antara Gubernur Olly Dondokambey dengan Rektor Universitas Pertahanan, Letjen TNI Tri Legionosuko di Ruang Kerja Gubernur.

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan Mayjen TNI Murlim Mariadi dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.(man)
Powered by Blogger.