Header Ads

Tingkatkan SDM Tenaga Kerja. Richard Sualang Dorong Disnaker Bekerja Sama Dengan Dikda Sulut

JurnalManado Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Richard Sualang mendorong Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar meningkatksn sumberdaya Manusia (SDM) tenaga kerja di Sulut.

Menurut legislator PDIP Sulut peningkatan SDM tenaga kerja lokal sangat penting guna bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah, apalagi Upah Minimun Provinsi (UMP) saat ini naik.

"Hal ini bukan memproteksi, tapi saya kira untuk menjadi acuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Sulut.

 Angkatan kerja kita ini bisa dipenuhi oleh warga Sulut tentunya tidak akan banyak lagi pendatang dari luar yang akan datang mencari kerja di Sulut.

Menurutnya UMP meningkat di Sulut ini jadi seperti lampu. Makanya disini untuk Disnaker programnya harus lebih banyak kepada peningkatan SDM," ucap Sualang kepada JurnalManado.com diruang kerja Komisi lV Senin (4/11/2019).

Sebagai wakil rakyat menilai langkah yang sudah diambil gubernur dan wagub sudah bisa dilihat,SDM tenaga kerja di Sulut sudah sangat pelik, maka dari itu perlu dibentuk Satuan Tugas (SATGAS) tenaga kerja.

"Tentunya saya kira, Gubernur dan Wakil Gubernur bisa melihat urusan SDM ini pelik, peliknya itu susah-susah gampang dalam meningkatkan SDM tenaga kerja.

Sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi mengusulkan supaya dipercepat bagi instansi-instansi terkait ini harus buat satgas tenaga kerja," jelasnya.

Sembari menambahkan, Disnaker dan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk agar di setiap tahun angkatan kerja 75 persen bisa diisi oleh tenaga kerja lokal.

"Jadi seperti di Dikda mereka dorong SMA dan SMK, ketika dia lulus bukan lulus nilai, tapi lulus kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan. (tino)
Powered by Blogger.