Header Ads

Wakili Gubernur, Gumalag : Pembangunan TPA Regional Diharapkan Mampu Menampung Sampah Dari Sejumlah Daerah

JurnalManado - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marly Gumalag, mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE pada pelaksanaan  Forum Diskusi Pengkajian Strategis Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Dalam Rangka Pengembangan Sarana dan Prasarana Persampahan Kota Manado yang di gelar Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Utara, di Hotel Ibis Manado, Jumat (08/11/2019).

Pada kesempatan ini Marly Gumalag menyampaikan bahwa Bapak  Gubernur merespon positif pelaksanaan kegiatan forum diskusi strategis ini sekaligus memberikan apresiasi tinggi kepada segenap pihak yang telah bersinergi mengupayakan Pembangunan Daerah tercinta ini.

“Sejak ditetapkannya undang-undang Nomor 18 tahun 2008 pengolahan sampah disadari telah memberikan dampak yang menggembirakan dan bercirikan eskalasi positif antara lain trend positif yang mulai terbentuk di masyarakat dimana anti dimana partisipasi masyarakat  khususnya terkait masalah sampah,” urai Gumalag.

“Bahkan Rintisan dukungan dan gerakan dunia usaha dalam membantu masyarakat dan pemerintah mengatasi permasalahan sampah serta perintisan pengembangan kegiatan ekonomi circular dengan memanfaatkan sampah tidak ada sampah lagi ( Zero waste) menjanjikan hasil yang signifikan,” kata Gumalag pada kesempatan ini.

Marly Gumalag juga menuturkan terkait dengan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan pun perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu agar dapat memberikan manfaat secara ekonomi sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.
Pembangunan TPA regional itu diharapkan mampu menampung timbunan sampah yang berasal dari beberapa daerah kabupaten/kota.

“Kegiatan forum diskusi ini dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang jumlah timbulan sampah yang dihasilkan di Kota Manado dan kabupaten kota lainnya serta daya tampung lingkungan hidup TPA regional Ilo ilo. Sementara tujuannya untuk mendapatkan teknik atau cara pengolahan sampai efektif dan efisien sehingga mampu berkontribusi pada perbaikan kondisi lingkungan perekonomian dan berkelanjutan pembangunan bagi masyarakat Manado di masa depan,” Harap Gumalag.

Kepala Balitbangda Sulut Dr. Jemmy Lampus sebelumnya menyampaikan Bahwa FGD Kali ini adalah untuk mencari masukan dari segenap Pakar persampahan, Pemerintah Daerah, Kecamatan hingga Pemerintah Desa setempat untuk rencana Pembangunan TPA Regional Ilo-ilo, yang nantinya akan menjadi terobosan Bapak Gubernur agar masalah persampahan Di Sulut dapat diselesaikan sesuai dengan apa yang menjadi harapan.(tim)

Powered by Blogger.