Header Ads

Rakornas Dukcapil. Bahagia : Kedepan KTP Bisa Cetak Sendiri dan Multi Fungsi

JurnalManado - Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 25 - 27 November 2019 di Jakarta. Kegiatan tersebut mengusung tema “Big Data Kependudukan Wujudkan Indonesia Iaju". Diikuti oleh seluruh Kapala Dinas Kependudukan yang menangani kependudukan dan pencatatan sipil. Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan dan/atau Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Dokuman Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota serta Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi seluruh Indonesia. 

Tujuan penyelenggaraan Rapat Koordinasi untuk mengkonsolidasikan penyelanggaraan kependudukan dan pencatatan sipil, menguatkan kembali komitmen semua pihak terkait organisasi seluruh penyelenggaraan Administrasi Kependudukan melalui Dukcapil Go Digital. mendukung pilkada 2020 serta mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 . Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil & KB Prov. Sulut dr. Bahagia Mokoagow, saat diwawancarai di Ruang Kerjanya, Senin (02/12/2019).
Menurutnya, hasil arahan dari Menteri menghasilkan penyelenggaraan administrasi kependudukan secara nasional, dukungan kependudukan dan pencatatan sipil terhadap sensus penduduk tahun 2020, penguatan komitmen dalam bisnis penguatan administrasi kependudukan melalui dukcapil go digital, pemanfaatan data secara terintegrasi dan online guna mewujudkan single identity number, kelembagaan dan sumber daya aparatur dibidang kependudukan dan pencatatan sipil, dukungan penyelenggaraan pilkada 2020, regulasi bidang dukcapil.
Hal ini kata Bahagia dapat terwujudkan apalabila ada sinergitas yang baik di tingkat pusat hingga kabupaten kota.

"Semua perlu dukungan dari pusat sampai ditingkat kabupaten kota dan komitmen semua hingga mewujudkan go digital," pungkas Bahagia yqng baru saja dipercayakan oleh gubernur menjabat Sekda Boltim.  Sembari mengtakan, kedepan dukcapil akan ada inovasi seperti cetak KTP dan Kartu Keluarga (KK) sendiri yang nantinya KTP akan menjadi multi guna.(man)


Powered by Blogger.