Iklan

November 25, 2014, 04:20 WIB
Last Updated 2014-11-25T12:40:24Z
Pendidikan

Umboh : Pemerintah Harus Selektif Menilai Kinerja Guru

Olifia K Umboh saat diwawancarai di SMK 4 Manado

Jurnal,Manado- Dalam memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI kali ini, para guru meminta pemerintah agar lebih selektif dalam memperhatikan dan menilai Guru terutama guru yang berSertifikasi. 

Guru yang bersertifikasi belum tentu melaksanakan tugasnya dengan baik. Sebaliknya, guru yang nonSertifikasi justru lebih mempunyai dedikasi yang tinggi. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang guru bidang Studi di SMKN 4 Manado, Olifia K. Umboh, SE.

"Dana sertifikasi saat ini lebih banyak dirasakan oleh guru-guru yang dedikasinya kurang. Untuk itu kami berharap pemerintah dapat lebih selektif dalam menilai pekerjaan guru, agar dana sertifikasi benar-benar tersalur tepat sasaran, terutama oleh para guru yang mempunyai dedikasi tinggi dan berkompeten."

Namun demikian, diakui Umboh bahwa tunjangan berupa dana sertivikasi ini benar-benar bermanfaat kepada guru. "Akhirnya saat ini guru-guru bisa benar-benar merasakan jasanya dihargai pemerintah. Harapan yang selama ini dinantikan selama beberapa tahun sesuai dengan jasa seorang guru,” ujar Umboh.

Guru bidang studi Perawatan Sosial ini juga mengungkapkan perasaannya tentang pelaksanaan upacara tahun ini yang menurutnya sangat berbeda dari upacara tahun-tahun kemarin dimana tahun ini sudah hampir disiplin dan tertib. "Apalagi kehadiran inspektur upacara bapak Walikota G.S.V Lumentut dan saat beliau mengarahkan peserta upacara secara umum sangatlah baik dan penting."

Meski demikian, Umboh menyayangkan apa yang disampaikan oleh Inspektur Upacara tidak memberikan arahan buat mereka dalam pelaksanaan tugas sebagai guru.

"Sayang sekali dalam pidatonya bapak G.S.V Lumentut tidak memberikan arahan yang lebih menunjang kami dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru," ungkap Olivia Umboh. (ika/put)