Header Ads

Dari 11 Kecamatan, Kualitas dan Elektabilitas Vicky Tertinggi di Pilwako

Jurnal,Manado - Bakal Calon Walikota DR. Ir. G.S. Vicky Lumentut,SH,MSi,DEA dan Bakal Calon Wakil Walikota Daniel F. Aling,SH,MH, memiliki kualitas personal dan elektabilitas tertinggi pada hasil survei terbaru di bulan Juli 2015. Hal itu berdasarkan hasil survei Indoresearch Public Care (IPC), Lembaga Survei Independen berkelas nasional yang berkantor pusat di Rukan Graha Permata Pancoran Kav A-8 Jakarta-12780.

“Kami melakukan survei ini tujuannya untuk mengidentifikasi kualitas personal dan elektabilitas dari masing-masing bakal calon, baik yang mendaftar di Parpol maupun Koalisi Gabungan Parpol. Setiap Calon Walikota dan Wakil Walikota, tentunya memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Karena itu, perlu diukur vote awareness dan elektabitas figur mereka, berdasarkan keinginan rakyat,” kata Direktur Riset dan Operasional IPC, DR. Afendy A. Nugroho, didampingi Stanly F. Mewengkang, Koordinator Regional Sulawesi Utara dan Victory Ch. Manoppo, Koordinator Area Kota Manado.


Data survei dengan total 1.512 responden, mengambil sampel masing-masing 3 orang dari 504 Lingkungan di 11 Kecamatan, se-Kota Manado. Survei menggunakan metode multistage random sampling yang mengacu pada daftar pemilih tetap (DPT). Indoresearch Public Care (IPC) merilis hasil survei terhadap 12 orang Bakal Calon Walikota dan 26 orang Bakal Calon Wakil Walikota di Pilwako Manado 2015. Kualitas personal dan elektabilitas figur incumbent Walikota Manado Vicky Lumentut, sementara ini masih teratas, jika dibandingkan dengan 11 bakal Calon Walikota lainnya. 

Begitu juga dengan sosok Dosen Fakultas Hukum Unsrat Manado, Daniel Aling memiliki kualitas personal dan tertinggi elektabilitasnya, jika dibandingkan dengan 25 bakal Calon Wakil Walikota lainnya. Ini berdasarkan hasil survei IPC, namun realita politik saat ini tidak memungkinkan keduanya untuk berpasangan maju di Pilwako Manado. 

Alasannya, Daniel Aling yang dikenal sebagai Tokoh Muda Nusa Utara dan aktif menjadi Ketua Umum / Panglima Brigade Santiago, hanya mendaftar sebagai Calon Wakil Walikota di Koalisi Kebersamaan Gabungan Partai. Hingga kini pun, beliau masih terganjal dengan status pengunduran dirinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Unsrat Manado. 

Sedangkan Vicky Lumentut sendiri terdaftar resmi sebagai Calon Walikota di Partai Demokrat, yang juga Ketua DPD Partai berlambang Merci di Provinsi Sulut ini. Pasangan Lumentut dan Aling, tidak akan pernah ada di Pilwako Manado,” tutur Victory Ch. Manoppo, Koordinator IPC Area Kota Manado. 

Hasil Survei IPC terbaru kali ini, di posisi bakal Calon Walikota Manado menempatkan G.S. Vicky Lumentut teratas meraih dukungan (26.3 %), di urutan kedua Harley A.B. Mangindaan (25.7 %). Ketiga, Hanny J. Pajouw (23.9 %), keempat Richard H. Sualang (3.2 %). Kemudian kelima, Telly Tjanggulung (2.2 %), keenam Richard Kainage (1.9 %), ketujuh Maudy Manoppo (1.5 %). Selanjutnya kedelapan Andrei Angouw (1.3 %), kesembilan Wenny Lumentut (0.8 %), kesepuluh Alfian Daini (0.5 %), kesebelas Burhanuddin (0.3 %) dan kedua-belas Markus Palantung (0.2 %). 

Sisanya (12.2 %) responden Tidak Tahu/Tidak Jelas dan Rahasia. Sementara untuk posisi bakal Calon Wakil Walikota Manado yang memiliki elektabitas tertinggi ditempati Daniel F. Aling dengan perolehan dukungan (9.9 %). Diikuti posisi kedua, Ayub A. Albugis (9.2 %), ketiga Taufik Pasiak (7.7 %), keempat Amin Lasena (6.3 %), kelima Amir Liputo (4.8 %). Disusul keenam Bobby Daud (4.6 %), ketujuh Syarifuddin Saafa (4.5 %), kedelapan Abid Takalaminang (3.8 %), kesembilan Mahmud Tuuris (3.7 %), kesepuluh (3.4 %). 

Kemudian, kesebelas Djafar Alkatiri (3.3 %), kedua-belas James Karinda (3.1 %), ketiga-belas Esther J. Lambey (2.9 %), keempat-belas Djendrie Keintjem (2.7 %), kelima-belas Yongkie Limen (2.3 %), keenam-belas Jeffrey Rantung (2.2 %), ketujuh-belas Victor Mailangkay (2.1 %), kedelapan-belas Revani Parasan (1.8 %), kesembilan-belas Baso Affandy (1.5 %), kedua-puluh Hilman Idrus (1.4 %). Selanjutnya, keduapuluh-satu Aida Danial (1.2 %), keduapuluh-dua Harvey Sendoh (1.1 %), keduapuluh-tiga Frangky Paat (1.1 %), keduapuluh-empat Tonny Rawung (1.1 %), keduapuluh-lima Rudy Pusung (1 %) dan keduapuluh-enam Audy Lieke (1 %). 

Sisanya (12.4 %) responden Tidak Tahu/Tidak Jelas dan Rahasia. Direktur Riset dan Operasional IPC, DR. Afendy A. Nugroho menegaskan, “Indoresearch Public Care (IPC), pada tahun 2005, pernah berkontribusi menyukseskan Pilwako Manado, yang dimenangkan pasangan Jimmy R. Rogi dan Abdi W. Buchari, untuk periode 2005-2010. 

Demikian juga IPC pernah berkontribusi menyukseskan Pilwako Manado 2010, yang dimenangkan pasangan G.S. Vicky Lumentut dan Harley A.B. Mangindaan, periode 2010-2015.” Namun harus ditegaskan, bahwa IPC adalah Lembaga Survei dan Observasi Independen, yang tidak berafiliasi dengan parpol ataupun kandidat tertentu. Meski demikian, hasil survei, tidak menutup kemungkinan akan dijadikan referensi maupun rekomendasi parpol dalam mengusung pasangan calon di Pilwako Manado nanti, pungkasnya.(***)

No comments

Powered by Blogger.