Header Ads

Pemkab Laksanakan Konservasi Pesisir Pantai

Jurnal,Ratahan-Dalam Rangka Penyelamatan atau Pelestarian Sumber Daya Hayati di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui instansi terkait melaksanakan program konservasi pesisir pantai.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mitra Ir George Ruata kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (10/08/2015) mengungkapkan, terkait pengelolaan kawasan konservasi perairan, dinasnya melalui bidang sumber daya telah melaksanakan penanaman Mangrove di kecamatan Ratatotok.

"Ada 3500 mangrove yang sudah ditanam, penanaman mangrove melibatkan pemerintah dan masyarakat setempat,"terangnya.

Menurutnya, Hutan mangrove merupakan salah satu sumber daya di pesisir untuk kelangsungan kehidupan biota laut.

"Ini untuk tempat tinggal sementara biota laut, yang paling penting adalah untuk menahan abrasi,"ujar Ruata.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya DKP Mitra Olvi Lumopa menambahkan bahwa ada 650 ha hutan mangrove yang tersebar di 3 kecamatan.


"Dari 650 ha tersebut masih ada 20 persen yang harus di perhatikan secara serius, sehinga masih perlunya untuk dilakukan penanaman mangrove"pungkasnya.

Untuk itu keduanya berharap agar masyarakat yang ada di kecamtan Ratatotok, Belang dan Pusoamen dapat bersama-sama menjaga akan kehidupan biota laut yang ada di sekitarnya."Marilah kita jaga kelestarian laut Karena laut merupakan andalan untuk dunia kemaritiman"tutupnya.(hak)

No comments

Powered by Blogger.