Header Ads

Cerdaskan Manado. GSVL Akan Kuliahkan Siswa Berprestasi

Jurnal,Manado - Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam menjalankan pemerintahan di Manado periode 2010-2015 telah menjalankan 8 (delapan) program pro-rakyat yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu program adalah di bidang pendidikan, dimana anak-anak kurang mampu mendapatkan bantuan pendukung bersekolah.
Kini, saat mencalonkan kembali sebagai Walikota Manado 2015-2020, GSVL yang berpasangan dengan Mor D Bastiaan kembali merencanakan 8 program baru yang antara lain meningkatkan program yang sementara berjalan. Dimana untuk bidang pendidikan, akan ada dana bantuan khusus pendidikan yaitu Mitra Bantuan Dana Riset Bagi Peneliti dan Dosen Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan visi GSVL-Mor untuk mewujudkan Manado kota Cerdas. Bagi siswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang S1 juga akan dibiayai. Caranya, setiap lingkungan diambil 3 siswa terbaik dan tidak mampu. Mereka akan disekolahkan hingga meraih gelar sarjana.

Selain itu kata GSVL, untuk yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, mewakili kelurahan diambil 3 orang lagi. Pun yang ingin menjadi Doktor akan diambil per kecamatan 3 orang.
“Semua ini bertujuan agar warga kota manado jadi cerdas, jadi orang yang pintar ke depan,” kata Calon Walikota ini.

Diketahui, 8 janji Program Cerdas pro-rakyat GSVL-Mor 2015-2020 adalah 1) Dana Sosial Lansia, Difabel, dan Santunan Kematian; 2) Peningkatan kualitas Layanan Pengobatan gratis Program UC Cerdas; 3) Peningkatan kualitas Program Pembangunan Berbasis Wilayah; Lingkungan (PBL-Mapalus) termasuk peningkatan PRO-Kamling dan Pembangunan Ruang Publik (RTH & RTNH); 4) Peningkatan kesejahteraan PNS dan non PNS termasuk peningkatan honor guru bantu, petugas kebersihan, dan kepala lingkungan; 5) Meningkatkan insentif bagi para Rohaniwan; 6) Dana bantuan khusus pendidikan yaitu mitra bantuan dana riset bagi peneliti dan dosen perguruan tinggi, beasiswa pendidikan bagi siswa yang kurang mampu SD, SMP, SMA dan Beasiswa S1 per lingkungan, S2 per kelurahan dan S3 per kecamatan; 7) Memperkuat program "Good Governance & Clean Government" dalam Tata Kelola Pemerintahan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik satu atap secara online berbasis Sistem dan Teknologi Informasi; dan 8) Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja serta Program Pengembangan Kreatifitas Pemuda dibidang Seni, Olah raga, budaya dan Teknologi.
Sebagai catatan, program kegiatan pembangunan urusan wajib lainnya, termasuk infrastruktur jalan, jembatan, drainase, penataan pasar dan PKL, serta sarana prasarana umum lainnya merupakan tugas rutin pemerintah yang wajib tertata dalam APBD setiap tahun.(man)

No comments

Powered by Blogger.