Header Ads

Rahim Buka Rakor UAPPA-W

Jurnal,Gorontalo- Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. Idris Rahim, MM, Selasa (29/09/2015) membuka Rakor Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) dan Pemerintah Daerah se Provinsi Gorontalo. Acara ini sekaligus dirangkaikan dengan penganugerahan Treasury Awards Tahun 2015, yang digelar di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo.


Dalam kesempatan tersebut Wagub Rahim menjelaskan tentang Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah berbasis akrual yang diharapkan dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, dengan memberikan informasi pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang lebih informatif, sekaligus menjadi informasi utama bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan dan penyelenggaraan keuangan negara dan daerah yang lebih baik.



“Tahun 2015 ini kita telah berkomitmen untuk menerapkan akuntansi berbasis akrual, saya harapkan penerapan sistem ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas LKPD pada tahun ini, dan kita bisa mempertahankan prestasi opini WTP dari BPK RI untuk seluruh entitas di Provinsi Gorontalo,” jelas Rahim.



Lebih lanjut dikatakannya, penerapan sistem akuntansi berbasis akrual menyajikan tantangan yang cukup besar dari segi kesiapan teknis pelaksanaan, struktur dan infrastruktur organisasi pemerintahan, budaya, sistem dan prosedur, hingga kesiapan sumber daya manusianya.



“Dengan komitmen yang dibarengi dengan persiapan dan usaha, kita yakin dapat melakukannya dengan baik,” ujar Wagub.



Sementara itu terkait penganugerahan Treasury Award, Rahim berharap, penghargaan tersebut mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kualitas pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan negara.



Dibalik penghargaan tersebut, menurut Wagub, terdapat tanggung jawab yang besar untuk senantiasa meningkatkan dan membuktikan kinerja terbaiknya.



“Selamat kepada para penerima Treasury Award 2015, semoga keberhasilan ini bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan sebagai wujud tanggung jawab kepada bangsa dan negara,” tutup Rahim.(luq)



No comments

Powered by Blogger.