Header Ads

Pedomani UU No 6 Tahun 2014

Habibie Ingatkan Aparatur Desa Kuasai UUD Desa

Jurnal,Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada seluruh aparatur pemerintahan Desa se Provinsi Gorontalo untuk lebih giat memahami pasal demi pasal tentang UUD Desa. Gubernur menilai dengan lahirnya undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa dan pelaksanaannya tentu menuntut kesiapan Pemerintah Desa dalam menunjukkan kapasitas yang baik dalam mengelola UUD Desa agar dapat berjalan secara optimal, harapan ini tentu harus seiring dengan kemampuan yang dimiliki oleh aparatur pemerintah Desa. “Lahirnya UUD Desa no 6 tahun 2014, tolong dipedomani dengan baik, baca pasal demi pasal, dan dipahami, bapak dan ibu jangan sungkan-sungkan mendatangi para Bupati untuk berkonsultasi bahkan kalau perlu tingkat Provinsi,” terang Gubernur saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintahan Desa se Provinsi , bertempat di Gedung TC. Damhil UNG, Senin (26/10).
Selain kemampuan memahami UUD Desa, Gubernur juga meminta kepada aparatur pemerintahan Desa agar lebih hati-hati mengelola dana Desa, sebab sesuai aturan para kepala Desa akan bertindak selaku pengguna anggaran (PA).  Para kepala Desa dan aparaturnya harus rajin menindaklanjuti petunjuk tekhnis pelaksanaan UUD no 6 tahun 2014, dana desa harus dikelola dengan tertib taat kepada ketentuan, transparan, harus lebih memperlihatkan keadilan dan bisa mengutamakan kepentingan masyarakat.
“Saya bukan tidak yakin kepada para kepala desa, tetapi saya sebagai Gubernur tidak ingin bapak dan ibu mengalami kesalahan yang sangat fatal dalam memahami UUD Desa ini, sehingga itu sekali lagi saya minta harus lebih hati-hati”kata Rusli.

Lebih lanjut Rusli mengatakan pada tahapan pengelolaan dan menjalankan UUD Desa ini keinginan pemerintah pusat yakni Presiden juga meminta agar lebih memprioritaskan perencanaan pembangunan desa dengan sebaik-baiknya, juga tidak kala penting ialah aparat desa harus bisa melibatkan masyarakat dalam hal menjalankan proses pembangunan Desa.(luq)

No comments

Powered by Blogger.