Iklan

October 26, 2015, 06:25 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Pelatihan Fasilitator PNPM

Gubernur : Para Fasilitator Harus Memanfaatkan Dana Desa Secara Subtantif

Jurnal,Manado - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR Sumarsono,MDM mengingatkan kepada para fasilitator PNPM mandiri pedesaan agar benar-benar memahami dan mengerti kebutuhan pembangunan desa dimana mereka menjadi fasilitator agar pembangunan desa dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran. Hal tersebut disampaikan Sumarsono saat memberikan arahan kepada para fasilitator PNPM pedesaan.
“Para fasilitator harus paham agar pembangunan desa tidak salah, untuk itu juga para fasilitator dan perangkat desa agar memanfaatkan dana desa secara substantive dengan membangun infrastruktur yang menjawab kebutuhan rakyat dengan tentunya tetap memperhatikan aturan dengan baik agar tidak salah dalam pelaporan dan membahayakan diri sendiri,” terang Sumarsono dalam kegiatan pelatihan penyegaran fasilitator PNPM Mandiri perdesaan dan pelatihan aparatur pemerintah desa tingkat provinsi sulut tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Badan Pembangunan masyarakan dan pemerintah desa (BPMPD) Sulut di hotel Arya Duta, Senin (26/10/2015).
Sumarsono mengingatkan kepada seluruh fasilitator pedesaan agar menjalankan pembangunan dengan paham revolusi mental, dimana dalam bertugas harus mengedepankan integritas, kerja keras dan memupuk semangat mapalus. Pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan Indonesia dari pinggiran, beruntung Sulut menjadi salah satu prioritas pembangunan, ini berarti kepercayaan pemerintah harus dipegang dan digunakan sebaiknya dalam pembangunan khususnya di desa.

Acara tersebut dilanjutkan dengan Vidioconference Gubernur, Sekprov Ir Siswa R Mokodongan, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian PDT dan Transmigrasi Prof Dr Achmad Erani Yustika dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan.(tim)