Header Ads

Gunung Tumpa Dijadikan Wahana Olah Raga

GSVL : Gunung Tumpa Nantinya Akan Dipercantik dan Sumber PAD

Jurnal,Manado - Satu lagi lokasi wisata indah diresmikan di Manado, Kamis (5/112015) sore. Adalah Hutan Raya Gunung Tumpa yang letak geografisnya berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken Darat, diresmikan Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), dan Ketua Umum FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) Sulut Letkol Pnb Djoko Tjahjono.
Hutan Raya Gunung Tumpa ini juga dijadikan wahana olahraga dan wisata dirgantara. Lokasi wisata ini sangat indah, karena berhadapan langsung dengan pulau-pulau seperti Manado Tua, Bunaken, Siladen, Mantehage, dan Nain. Peresmian lokasi wisata ini juga dilakukan bersamaan dengan pembukaan Grand Final Paragliding Trip of Indonesia (TRoI) Seri 3, dimana lomba ini diikuti puluhan atlet paralayang nasional bahkan dari negara tetangga, Malaysia. Terkait dengan lokasi wisata ini, Walikota Manado tertantang dengan pernyataan Ketua Umum FASI Sulut yang juga Komandan Lanudsri Sam Ratulangi Manado, yang mengajak Pemkot Manado belajar pengelolaan wisata dirgantara ini di Bogor Jawa Barat. “Saya ditantang Danlanudsri selaku Ketua Pengprov FASI Sulut untuk belajar ke Bogor, karena di sana tempat seperti ini memberikan PAD lebih kurang Rp7 miliar. Ternyata sumber pendapatan yang baru. Karena itu kami ingin mengembangkan tempat ini untuk dijadikan tempat, tidak hanya nasional tetapi juga iven internasional. Kita akan padukan dengan pariwisata, karena di bawah sana ada taman laut bunaken. Jadi keduanya akan kita padukan,” terang GSVL yang langsung disambut aplaus semua yang hadir.
Namun yang paling cepat akan dia lakukan, lanjut GSVL, perbaikan lokasi wisata ini akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Manado 2016. “Saya pada 8 Desember 2015 akan meletakkan jabatan Walikota, tapi saya masih menyusun APBD 2016. Dan izinkan kami untuk menata tempat ini, akan dipercantik. Apalagi tahun depan ada iven internasional di tempat ini,” ujar GSVL, seraya berharap iven internasional tahun depan para atlit nasional masih mau datang ke Manado. “Selamat menikmati Manado, kota ini kota torang samua basudara. Dan kepada atlit Malaysia yang hadir, sampaikanlah ke negara anda bahwa inilah Manado yang indah,” tutup GSVL.(tim)


No comments

Powered by Blogger.